Akhirnya saya sempat juga menulis bagian ini :)
(maklum kalo udah jadi istri itu waktu luangnya sedikit. Kerja, masak, manja-manjaan sama suami, beres-beres rumah. Tapi asyik loh)
Buat kalian yang masih bingung menentukan vendor catering
Catering satu ini recommended buangeetttssszzzz, aku puassss sekali pake Chikal.
Ga cuma saya aja kan, kalo dibaca-baca banyak juga blogger lain yang puas atas jasa vendor satu ini.
Jadi, saya udah ngincer catering ini dari lama sekali. Sampe pernah bilang ke kakanya kangmas pas dia mau nikahan "Aku nanti kalo nikah maunya pake chikal ka ;)" terus sampe kebawa tuh di doa-doa tiap shalat.
Dan akhirnya doa di ijabah, setelah test food sini sana, berjodohnya sama Chikal.
Awalnya pas lagi mempersiapkan pernikahan, saya kasih berkas-berkas ke mama soal Chikal Catering, mulai dari menunya, contoh dekorasinya, range harganya, dll. Lengkap
Mamaku ga langsung nerima gitu aja, karna gaboleh kan ya gegabah soal ngasih makan banyak orang.
Mama sempet testfood sini sana, beberapa tanpa saya temani. Diantaranya Ros Catering, Tiska Catering dan catering-catering lain disekitaran bogor. Meskipun sebagian besar dari dana sendiri, tapi pendapat orang tua itu sangat penting. Karna kan kebanyakan juga tamu mereka.
Sampe akhirnyaaa dikeputusan akhir "OK mel, pakai chikal aja, mama setuju" "YES!" doa terkabul.
Akhirnya saya DP dan chikal deal dengan tanggal yang saya ajukan. Saya ambil paket wedding untuk 500 orang, exclude gedung (karna bukan termasuk gedung subsidi)
Saya beberapa kali ke chikal, buat diskusi, fitting, nentuin menu, nentuin dekor, bolak balik deh, sampe ribut-ribut sama A Ron debat depan marketingnya juga pernah. Pusing-pusing gemas gitu rasanya. hahaha
Pasti para capeng khawatir kan kalo makanannya kurang? karna mungkin punya pengalaman dateng ke nikahan orang tapi udah ga kebagian apa2. Nah, saya sempet tanya chikal soal ini, menurut mereka itu belum pernah terjadi, asal tamu undangan sesuai dengan paket yang diambil. Dan akupun merasakannya, Sama sekali ga kekurangan loh, malah lebihnya ini masih bisa dibawa pulang dan dibagi-bagi padahal tamu yang dateng sesuai jumlah undangan (ditambah lagi anak-anak yang ngikut ke kondangan). Jadi Chikal sangat bijak dan berpengalaman dalam menghitung jumlah makanan.
![]() |
Ruangan marketing, kalo lagi rame sistemnya pake nomor gitu, nanti dipanggil buat diskusi sama marketingnya. |
Chikal ini menyediakan teh, gula, kopi dan snack untuk para tamunya. Self service ya, nyeduh sendiri, jangan nunggu dibikinin..hehehe
Chikal buka senin-jumat dari jam 10 pagi sampai 9 malam (CMIIW)
Untuk sabtu minggu mereka libur, tapi terkadang apabila acara weekend mereka tidak padat, maka mereka akan buka. Pas weekend ini sering ada makanan beratnya loh, lumayannn.
Pokoknya sering-sering ditelpon ya, karna aku ketemu bu sri pun pas weekend kok.
![]() |
Ruang tempat menunggu, menyantap hidangan makanan dan minuman. |
![]() |
![]() |
Ruangan Fitting |
Ruangan fittingnya chikal ini luaassss, koleksi baju mereka juga banyak banget. Jadi mereka punya sendiri ya, bukan dapet dari vendor lain. Makanya bisa minta dibonusin baju akad
Karyawannya Chikal ini ramah-ramah banget, dari logatnya mereka semua emang berasal dari jawa. jadi santun dan lemah lembut. Sabar banget ngadepin customer kaya saya yang doyan ganti-ganti baju..hehehe
Marketing favorit aku namanya Mas Eko, kalo mau diskusi pasti aku rela nunggu sampe dia kosong, saking gamaunya sama yang lain. Karna Mas Eko ini sabar, bisa ngasih masukan, jadi penengah disaat kedua capeng beda pendapat, banyak terbantu lah.
Dan inilah hasil pekerjaan mereka.
1. Dekorasi
Meja Untuk cara Akad Nikah |
Galeri mini 1 |
Undangan yang dipajang (sayang kan udah dibikin pop up tapi ga dipajang) :D |
Galeri Mini 2. Untuk foto2 prewed yang pake standing aku ga nemu fotonya. Jadi untuk standing aku pakai 3 pasang / 6 foto |
![]() |
Rangkuman Dekorasi Chikal |
Jatuh cinta sama dekorasinya, aplaagi sama pelaminannya. KECE!!
Itu panjang banget loh pelaminannya, jadi kalo pas foto-foto dipelaminan ga ribet kesempitan.
Keliatan dari bawah juga jadi leluasa.
2. Make Up & Busana
MUA : Dewi S
Awalnya underestimate, tapi ternyata sangat memuaskan. Sesuai ekspektasi. AKu senang sekaliii..ulalalalaaa..
Banyak yang bilang pangling, yang bilang cantik, yang bilang kaya boneka, pujian ga berenti-berenti saya terima abis dimakeupin :) mereka terlihat amazed sama hasil makeupnya :)
![]() |
Make Up Akad |
![]() |
Make Up Resepsi |
![]() |
Busana Akad |
![]() |
Busana Resepsi |
Penerima Tamu |
Busana pengantin, busana orang tua, among tamu dan penerima tamu itu aku dapet dari paketan chikal. Jadi gapake jahit atau beli
Kalau untuk keluarga inti, dan keluarga besar, juga sahabat-sahabat tercinta, itu aku beli bahan di Tanah Abang.
3. Fotografi & Videografi (Republik Gambar)
Semua foto yang terpampang disini adalah hasil dari Republik gambar, aku sih suka meskipun ngerasa "yah yang moment ini ko ga ada sih".
Tapi saran aku sebaiknya selain ini sewa juga fotografer lain yang bisa nangkep-nangkep momen bagus, misalnya yang candid candid.
Karna kalau Republik Gambar ini cuma sekedar dokumentasi, bukan fokus ke nangkep moment.
Apalagi pas sesi foto-foto mereka bener-bener fokus fotoin pelaminan, jadi foto yang diluar pelaminan, misalnya ekspresi tamu-tamu gitu ga dapet.
Bytheway, aku suka banget sam aalbum fotonya, bentuk koper gitu, keliatan exclusive.
4. MC & Music Entertainment
Ini aku pake dari paketan chikal juga. Not bad ko.
Banyak tamu yang menyumbangkan suaranya juga. Jadi kalo kamu punya list lagu seabrek, kasih tau mereka yah yang mau diprioritaskan yang mana.
Inilah list lagu aku
1. Janji Suci - Yovie & Nuno
2. Pilihanku - Maliq & D’esensial
3. Saat Aku Lanjut Usia – Sheila On 7
4. My Everything - Glenn Fredly
5. Marry You - Bruno Mars
6. Thinking Out Loud - Ed Sheeren
7. A Thousand Year - Christina Perry
8. Teman hidup - Tulus
9. Aku Mau – Once
10. Flashlight – Jessie J
11. Cinta Terakhir – Arilasso
12. Kisah Romantis – Glenn Fredly
13. Marry Your Daughter – Brian McKnight
14. All Of Me – John Legend
15. Marry Me – Train
16. Cintaku – Chrisye
17. Sugar - Maroon 5
18. From This Moment On – Shania Twain
19. Coldplay – a sky full of stars
20. Dia – Maliq & D’Essential
21. When You Love Someone – Endah & Rhesa
22. Untukku – Chrisye
23. Sempurna – Andra & The Backbone
24. A Whole New World With You - Peabo Bryson and Regina Belle
25. I Wanna Grow Old With You – Westlife
26. If You're Not The One - Daniel Bedingfield
27. The Way You Look At Me - Christian Bautista
28. 1,2,3,4 - Plain White T's
29. Menikahimu – Kahitna
30. L-O-V-E – Nat King Cole
31. I Do (Cherish You) – 98 Degrees
32. Sherina - Cinta Pertama dan Terakhir
33. I’m Yours – Jason Mraz
34. Shania Twain - You’re Still the One
35. Ten 2 Five - I Will Fly
36. Saat Aku Lanjut Usia – Sheila On 7
Tapi gatau yang dinyanyiin yang mana aja, karna ga ngeh, pikiran juga bercabang kemana-kemana, takut tamu tidak terjamu dengan baik..hahaha
Tapi alhamdulillah semuanya berjalan lancar
So far banyak tamu yang bilang puas sama makanannya, enyaaakkkkkkkk enyaakkk..
ga ada yang basi, atau rasanya aneh, atau ga enak.
Haiiii,
Sepertinya aku sudah menjelaskan di post sebelumnya kalau aku memilih gedung ini yah
Review Gedung Pernikahan Bogor, Braja Mustika vs Harmony Banquet Hall Yasmin
Karna aku sudah merasakan pengalaman menggunakan gedung ini, aku mau kasih sedikit plus minusnya
Sebelumnya aku infokan dulu apa aja sih fasilitas yang didapatkan, dan berapa kah harga sewanya
Harmony Banquet Halls adalah ruang serbaguna yang terdiri dari Jasmine Harmony & Chrysant Harmony. Terdapat Gen Set berkapasitas 325 KVA
Aku ambil Ruangan Jasmine harmony karna kapasitasnya paling besar.
Venue : Harmony Banquet Halls, Yasmin Centre
Alamat : Jl. KHR. Abdullah Bin Nuh Bogor 16310
Contact :
marketing@yasmincentre.com
Agus R. Sabeni 0816 624 638 / 0817 101 638-0812 110 9578
agus_rsabeni@yasmincentre.com
www.yasmincentre.com
Menyediakan :
Ruang serba guna ukuran 1.240 m2 ( kapasitas 1200 orang standing party / 1700 kursi system bioskop / 75 roundtable @ 6 kursi ) untuk kegiatan-kegiatan antara lain:
Resepsi Pernikahan
Ulang Tahun
Seminar
Pertemuan
Kegiatan Keagamaan
Gathering
Talk Show, dll.
R. Jasmine (1200 Orang)
Fasilitas :
Sound System Standard Gedung
Air Condition
Ijin Keramaian
100 bh Kursi Susun
Panggung Pelaminan & Panggung Hiburan (berkarpet)
2 kamar Rias
Karpet Jalan
Reseption Desk
Car Call dan Area Parkir yang luas.
HARGA SEWA :
SEWA RUANGAN HARI SABTU, MINGGU DAN HARI LIBUR*
*Hari Libur dimaksud adalah sesuai dengan ketentuan Pemerintah berikut hari yang terletak diantara 2 hari libur.
Rp 21.150.000 (Uang Muka 50% dan pelunasan minimal 1 bulan sebelum acara 50%)
SPECIAL PRICE : JASMINE HARMONY MINGGU MALAM Rp. 13.450.000,-
SEWA RUANGAN HARI SENIN s/d JUM'AT
Rp 13.450.000 (Uang Muka 50% dan pelunasan minimal 1 bulan sebelum acara 50%)
Wah.. Harganya sudah naik lagi ya, padahal tahun 2016 harga sewa yang saya bayar masih Rp. 18.400.000 (ckckckckck)
(+) Plus
- Ruangannya luas buanget, 1000 orang didalem ruangan itupun ga bikin ruangannya jadi kelihatan penuh, masih banyak space buat mondar-mandir
- Banyaknya standing AC yang terpasang, jadi ga ada tamu yang merasa kepanasan
- Kamar rias luas, untuk pengantin wanita kamar riasnya dipisah sendiri, khusus. Apalagi aku udah wanti-wanti gamau ketemu A Ron sebelum sah. Biar pangling, biar petama kali liat istrinya ngerasa WAH..hahahha
- Kamar mandi bersih dan nyaman
- Ruangan super bersih, keliatan banget kalo gedung ini sangat terawat
- Parkiran luas, kalau misalnya semua tamu bawa kendaraan, sisanya bisa parkir di Giant, letaknya sebelah gedung ini persis, gratis pula
- Ga ada charge selama pake catering dan dekorasi rekanan dari gedung ini
- Aku waktu resepsi boleh pakai proyektor (bawa sendiri) untuk menayangkan foto-foto prawedding, dan tanpa tambahan biaya yah.
- Hmmm.. palagi ya, overall gedung ini KECE, KEREN, banyak yang bilang emang sebanding sama harganya
(-) Minus
- Minusnya cuma 1, dibagian sound systemnya, jadi Mic yang dipake MCnya itu suaranya terlalu menggema sampe-sampe ga jelas MCnya ngomong apa, Ditengah acara aku minta Micnya diganti, jadi ya lumayanlah.
Dan inilah penampakan gedungnya :
So far banyak tamu yang bilang puas sama makanannya, enyaaakkkkkkkk enyaakkk..
ga ada yang basi, atau rasanya aneh, atau ga enak.
Review Gedung Pernikahan : Harmony Banquet Halls, Yasmin Centre, Bogor
Sepertinya aku sudah menjelaskan di post sebelumnya kalau aku memilih gedung ini yah
Review Gedung Pernikahan Bogor, Braja Mustika vs Harmony Banquet Hall Yasmin
Karna aku sudah merasakan pengalaman menggunakan gedung ini, aku mau kasih sedikit plus minusnya
Sebelumnya aku infokan dulu apa aja sih fasilitas yang didapatkan, dan berapa kah harga sewanya
Harmony Banquet Halls adalah ruang serbaguna yang terdiri dari Jasmine Harmony & Chrysant Harmony. Terdapat Gen Set berkapasitas 325 KVA
Aku ambil Ruangan Jasmine harmony karna kapasitasnya paling besar.
Venue : Harmony Banquet Halls, Yasmin Centre
Alamat : Jl. KHR. Abdullah Bin Nuh Bogor 16310
Contact :
marketing@yasmincentre.com
Agus R. Sabeni 0816 624 638 / 0817 101 638-0812 110 9578
agus_rsabeni@yasmincentre.com
www.yasmincentre.com
Menyediakan :
Ruang serba guna ukuran 1.240 m2 ( kapasitas 1200 orang standing party / 1700 kursi system bioskop / 75 roundtable @ 6 kursi ) untuk kegiatan-kegiatan antara lain:
Resepsi Pernikahan
Ulang Tahun
Seminar
Pertemuan
Kegiatan Keagamaan
Gathering
Talk Show, dll.
R. Jasmine (1200 Orang)
Fasilitas :
Sound System Standard Gedung
Air Condition
Ijin Keramaian
100 bh Kursi Susun
Panggung Pelaminan & Panggung Hiburan (berkarpet)
2 kamar Rias
Karpet Jalan
Reseption Desk
Car Call dan Area Parkir yang luas.
HARGA SEWA :
SEWA RUANGAN HARI SABTU, MINGGU DAN HARI LIBUR*
*Hari Libur dimaksud adalah sesuai dengan ketentuan Pemerintah berikut hari yang terletak diantara 2 hari libur.
Rp 21.150.000 (Uang Muka 50% dan pelunasan minimal 1 bulan sebelum acara 50%)
SPECIAL PRICE : JASMINE HARMONY MINGGU MALAM Rp. 13.450.000,-
SEWA RUANGAN HARI SENIN s/d JUM'AT
Rp 13.450.000 (Uang Muka 50% dan pelunasan minimal 1 bulan sebelum acara 50%)
Wah.. Harganya sudah naik lagi ya, padahal tahun 2016 harga sewa yang saya bayar masih Rp. 18.400.000 (ckckckckck)
(+) Plus
- Ruangannya luas buanget, 1000 orang didalem ruangan itupun ga bikin ruangannya jadi kelihatan penuh, masih banyak space buat mondar-mandir
- Banyaknya standing AC yang terpasang, jadi ga ada tamu yang merasa kepanasan
- Kamar rias luas, untuk pengantin wanita kamar riasnya dipisah sendiri, khusus. Apalagi aku udah wanti-wanti gamau ketemu A Ron sebelum sah. Biar pangling, biar petama kali liat istrinya ngerasa WAH..hahahha
- Kamar mandi bersih dan nyaman
- Ruangan super bersih, keliatan banget kalo gedung ini sangat terawat
- Parkiran luas, kalau misalnya semua tamu bawa kendaraan, sisanya bisa parkir di Giant, letaknya sebelah gedung ini persis, gratis pula
- Ga ada charge selama pake catering dan dekorasi rekanan dari gedung ini
- Aku waktu resepsi boleh pakai proyektor (bawa sendiri) untuk menayangkan foto-foto prawedding, dan tanpa tambahan biaya yah.
- Hmmm.. palagi ya, overall gedung ini KECE, KEREN, banyak yang bilang emang sebanding sama harganya
(-) Minus
- Minusnya cuma 1, dibagian sound systemnya, jadi Mic yang dipake MCnya itu suaranya terlalu menggema sampe-sampe ga jelas MCnya ngomong apa, Ditengah acara aku minta Micnya diganti, jadi ya lumayanlah.
Dan inilah penampakan gedungnya :
![]() |
Ini saat saya cek dekornya malam sebelum hari H |
sekarang kalo mau nikah ga usah pusing atau bingung hubungin vendor ini itu cari yang cocok kesana kesini banyak hal yg couple buang percuma misalnya waktu tapi ga nemu yg couple inginkan sekarang udah da HIS BALAI SARTIKA BDG yang menjawab semua kegundahgulanaan couple apa aja yg kamu dapetin disini ? couple udah dapet gedung dgn fasilitas sudah berkarpet premium dan full ac central seperti ballroom hotel kamu juga udah nemuin vendor-vendor ternama di bdg seperti : 1. Catering 2. Make UP & Attire 3. Dekorasi 4. Entertainment 5. Fotography 6. Upacara Adat 7. 8 Orang WO profesional + MC 8. Mobil pengantin
ReplyDeleteBonus Cash BACK 20 Juta rp atau Umroh Couple Atau Iphone x Couple (Tanpa diundi ) dan masih banyak lagi segera hubungi 087804563524 (dini)
Dear brides and grooms to be
ReplyDeleteSalam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh J
Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.
For more info and detail call :
Wedding Public Relation HIS Seskoad Grand Ballroom
RATU : 087827900910 (WA)
INSTAGRAM : @his_seskoad @ratu.hisseskoad
See u brides and grooms to be!
- HIS Wedding Venue Organizer-