Tuesday, April 25, 2017

"Udah Isi Belum? Ko Belum Hamil Juga?"



 "Udah Isi Belum? Ko Belum Hamil Juga?"

Buat pasangan suami istri yang baru menikah atau sudah lama menikah tetapi belum dikaruniai momongan, pasti pertanyaan seperti ini udah ga asing lagi, malah semakin hari bisa semakin bertambah intensitasnya. Setuju?

Tahukah kalian? kalau pertanyaan semacam ini sangat mengganggu kami, bisa membuat kami sedih dan tak jarang kami diam-diam menitikan air mata setelah berusaha keras menahannya, apalagi kalau kalian menanyakan hal tersebut saat hanya sekedar ingin berbasa-basi memulai obrolan atau lebih parahnya dengan sengaja memang punya tujuan ingin membuat kami merasa buruk (saya tidak bermaksud suudzan,tapi silakan baca tulisan ini sampai selesai agar mengerti kenapa saya dan wanita-wanita lain yang senasib bisa berpikiran seperti ini).

...

Saya dan Suami, saat ini menginjak usia 5 bulan pernikahan. Yap, 5 BULAN. COME ON, BUKAN 5 TAHUN KOK!

5 Bulan yang buat saya dan suami baru seumur jagung, 5 bulan yang kami lewati dengan penuh kebahagiaan, 5 bulan yang setiap harinya berasa seperti bulan madu.
Dan saya mantapkan hati untuk menulis ini, karena masa bermesraan dan berduaan yang sangat kami nikmati mulai diganggu. Grrrrrr!!!

Sejak kami  memutuskan untuk menikah, jauh sebelum hari pernikahan kami, saya dan suami udah punya obrolan mengenai momongan.

“Sebenernya sih aku gamau langsung punya bayi kalo abis nikah nanti, aku mau puas-puasin berduaan sebagai pasangan suami istri, pacaran sebagai suami istri, jalan-jalan seharian terus pulangnya kerumah yang sama. Soalnya kalo udah punya bayi, aku sebagai Ibu udah ga akan bisa kemana-mana atau lebih tepatnya kalaupun bisa, kayaknya ga akan tega ninggalin/titipin anak buat nonton/jalan berdua sama suami.”

Ini gimana ya ngomongnya, bukan gamau sih, mau banget, tapi pengen mempersiapkan diri dulu. Biar nantinya ga stress karena ngerasa kaget. Kebetulan saya punya kakak yang sudah punya 3 anak, jadi saya tau banget menyusui, begadang, dan mengurus anak itu sangat tidak mudah. Capek sudah pasti, bisa kena darah rendah atau darah tinggi, berat badan bisa menyusut drastis. Yang siap aja bisa kena Baby Blues, apalagi yang belum siap ditambah cuma hidup dan urus berdua sama suami.

Dan suami yang saat itu masih jadi pacar saya menyetujui, bahkan punya pemikiran yang sama dengan saya, sampe nanya  “berapa lama nih? 1 tahun ya? Terus caranya gimana? kamu mau KB?”

“Paling cepet 3 bulan lah, paling lama 6 bulan. Aku ga KB lah, ga berani. Caranya, aku mau berdoa aja sama Allah, tapi kalo langsung jadi juga ya ga apa-apa, Alhamdulillah. Aku gamau nunda takut Allah marah, tapi aku mau berdoa aja minta waktu sama Allah”

Bahkan saya juga sudah bilang ke Mama saya “mah,jangan nanyain cucu dulu ya nanti, mau jalan-jalan dulu...hehehe”

...

Sampai hari pernikahan itu tiba, kami memutuskan tinggal terpisah dari orang tua. Memulai hidup baru berdua, dan mulai belajar mandiri. Walaupun saya sudah merasakan hidup mandiri bertahun-tahun, tapi ditambah kewajiban mengurus rumah dan suami tentunya masih banyak yang harus saya pelajari.

Kita akan melewati apapun berdua. Orang lain cuma perlu tau gimana bahagianya kita. Ribut cekcok berantem dan persoalan lainnya sebisa mungkin cukup kita berdua yang tau dan selesaikan. Kita akan sesekali datang kerumah orang tua dengan raut muka bahagia dan penuh rasa kangen.

...

Allah memang paling mengerti saya :)
Karna cuma hidup berdua, awalnya saya merasa kerepotan dan keteteran karena prinsip saya sendiri. Selama masih kuat dan ga sakit, kalo cuma capek sedikit, disamping bekerja dan melakukan segala pekerjaan rumah tangga, saya bakal tetep masakin suami makan malem. Kalau pagi pun, kadang saya sempetin buat sarapan. Sebenernya bukan prinsip sih, lebih ke pengen menjalankan kewajiban, yang kalo ga dilakuin saya akan sedih karena merasa gagal jadi istri.

Jadilah tiap pulang kerja saya akan ke pasar sekalian lewat, nyampe rumah ganti baju dan langsung saat itu juga ke dapur, biar jam 7 makan malem udah siap. Capek sih, tapi tak terkira senangnya liat suami lahap makan masakan saya :)

Intinya, waktu itu, manajemen rumah tangga saya masih buruk dan berantakan. :( 
saya masih bingung banget kapan waktunya ngerjain pekerjaan ini dan kapan yang itu.
Saat yang satu ke handle, yang ga kehandlenya lebih banyak.

Sampe akhirnya suatu hari, suami bilang kalo seragam dia kotor semua, tinggal 1, itupun cuma bisa dipake sampe besok, which is 1 seragam untuk 2 hari. Sebagai istri saya sedih dengernya dan merasa gagal gabisa menyiapkan yang terbaik.

Sejak saat itu, saya suka berdoa, berkomunikasi sama Allah.

"Ya Allah, saya mau punya de bayi, tapi saya gabisa egois. Kasih saya waktu ya. Saya mau terbiasa urus rumah dan suami dulu, sampe yang tadinya berat terasa ringan, yang susah jadi gampang, yang capek jadi biasa. Saya mau saat nanti punya bayi, pekerjaan rumah bisa saya anggap sesuatu hal yang ringan. Saya sudah siap, tapi saya mau lebih siap lagi dan saya yakin Allah lebih mengerti dan tau waktu yang terbaik untuk saya"

...

Darisitu saya belajar lebih banyak lagi buat atur waktu antara kerja, masak, urus rumah, dan jalan-jalan atau sekedar bercengkrama di rumah sama suami.

Sekarang.. hasilnya sudah jauh lebih baik. Saya lebih sering melihat rumah rapi, tidak lagi merasa pekerjaan rumah menjadi suatu beban yang berat. Capeknya berkurang. Ditambah happy punya suami yg ringan tangan, suka bantu istri :)
Saya juga lebih punya banyak quality time sama suami, lebih sering ngobrol sambil ngemil dan nonton TV/DVD. Indah bukan?

...

Tapi ternyata kehidupan dan kebahagiaan kami yang indah ini dianggap kurang sempurna sama beberapa pihak. Di usili sama beberapa pihak yang menurut saya sih cuma mau kepo dan basa basi. Apalagi kalau nanyanya depan umum atau sampe membandingkan dengan teman yang baru nikah kemaren.

"udah hamil belum?"
"udah isi belum?"
Ini udah dijawab dengan berbagai cara, mulai bercanda, senyum, sopan, diem, sampe melengos kesel.
Ya bayangin aja haid aja sebulan sekali, masa orang yang sama bisa nanya seminggu sekali, mau tau hamil engganya kan dari telat haid. Duh..Dikira gue mens tiap minggu kali. KZL
 
"ko belum hamil juga?"
"kapan hamil?"
sama aja kaya ditanya "ko belum mati juga?" "kapan mati?"
Nih saya kasih tau ya, jodoh, maut rezeki itu ditangan Allah. Rezeki itu termasuk didalamnya ANAK.
Ya kita sebagai manusia mana taulah rencana Allah, yang penting tetep berdoa dan berusaha.

"lo belom isi? kalah dong sama si xxx"
"lo belom hamil? kebalap dong sama si xxx"
Ini kalimat paling menyakitkan sih buat saya, dibandingin sama orang yang baru kemaren ijab qabul.
Kalimat yang sukses bikin saya yang selama ini cuek bebek sama pertanyaan model beginian. Tiba-tiba nangis sesegukan. Sakit banget coy.
Saya sih masih ga ngerti tujuannya bertanya seperti ini apa, dan gabisa mikir positifnya dimana. Segitu tidak punya hatinyakah yang membuat pertanyaan atau lebih tepatnya pernyataan yang membuat kami merasa jadi buruk.

"eh si xxx baru nikah kemaren udah hamil loh"
Alhamdulillah :)

"emang belom isi? kan udah lama nikahnya"
Saya sih masih tinggal di Bumi yah, kursi pelaminan aja masih berasa nempel di pan***, mungkin kamu tinggalnya di planet lain kali, jadi waktu 5bulan bisa dikali dengan 1000 tahun lamanya.

dan kalimat-kalimat yang lebih pedas tak beretika lainnya, yang gaperlu saya sebutin karna ga patut dicontoh.


Meskipun masih ada beberapa sahabat dan keluarga yang benar-benar peduli dan menanyakannya dengan sungguh-sungguh dan tentunya membuat saya bahagia, merasa didukung, merasa disemangati dan merasa didoakan :) Terimakasih banyak yah :)
Tak sedikit juga teman yang sering berkomunikasi dengan saya, tapi tidak pernah menyinggung hal tersebut, namun saya tau, diam-diam mereka selalu mendoakan saya.

Jangan lupa, wanita itu dikaruniai feeling yang kuat. Wanita makhluk yang bisa merasakan, mana orang yang bertanya karna benar-benar care, dan mana orang yang cuma sekedar kepo atau emang dengan sengaja pengen menjatuhkan. Karna yang beneran care itu akan berasa di hati.

...

"ah lebay"
"sensi amat sih, orang nanya doang"

Ketahuilah, hal yang keliatannya biasa aja ini, nyatanya bisa membuat orang lain sedih, sakit, nangis, merasa tertekan, merasa terintimidasi, bikin makin stress, dalam beberapa kasus sampe menimbulkan stress berat.

Pertanyaan seperti ini bisa sangat menyakitkan untuk orang lain, apalagi mereka yang sudah bertahun-tahun belum dikaruniai momongan dan sangat-sangat mengharapkan kehadiran si kecil. Sedikit bahasan tentang kehamilan saja bisa membuat hati mereka teriris-iris.

Saya pernah, di bulan ke-4 telat haid 10 hari, yang baru sekali itu saya alami. Saya test pack dan menunjukan 2 garis samar. Sampai saya tunjukan ke suami, mama, dan kakak saya. Tapi nyatanya, keesokan harinya saya haid. Meskipun saya legowo dan bisa menganggap kemungkinan saya cuma telat karna kecapean, dan testpacknya kebetulan error. Ditambah setelah browsing, tenyata cukup banyak yang mengalami seperti saya.

Tapi nyatanya sampe sekarang, tiap liat darah haid, saya bisa nangis dan merasa sedih banget. Tiap datang bulan hari pertama, saya merasa dunia seperti runtuh. Saya pikir saya aja yang lebay, tapi tenyata sebagian besar memang merasakan syndrom "dunia runtuh" saat haid datang.
Saya membayangkan, saya yang pasrah aja "hamil Alhamdulillah, belom hamil juga Alhamdulillah" bisa merasa sesedih dan sesakit ini, mungkin karena naluri calon ibunya sudah keluar.
Nah, apalagi yang benar-benar mengharapkan sejak lama, bisa lebih sedih lagi dari saya. Jangan ditambah-tambahin kesedihannya dengan pertanyaan-pertanyaan yang sensitif.

Masih banyak kok bahasan kreatif lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memulai pembicaraan. Pertanyaan seperti ini adalah pertanyaan sangat sensitif.
Itu kenapa sebabnya jangan bertanya apalagi cuma sekedar ingin berbasa-basi.

Kalau memang benar-benar peduli dan ingin tau, silahkan tanya langsung secara pribadi bukan di hadapan orang banyak atau di kolom komentar. Silahkan chat langsung sambil ngobrol dari hati ke hati, sambil support dan mendoakan.

...

Jangan SOK TAU, berpikir yang belum hamil ini tidak usaha, suka begini sih, suka begitu sih, apalagi sampai mengeluarkan kata-kata yang menyudutkan. "ga pinter nih" "ga tokcer nih"
Kita tidak pernah tau, berapa banyak usaha yang dijalani. Berapa banyak rakaat tahajud yang sudah dia lewati, tapi dia tetap tawakal dan percaya pada Allah. Berapa banyak rupiah bahkan dollar yang dikeluarkan, tapi dia ikhlas. Berapa banyak dokter yang dikunjungi, tapi tetap semangat.

Jangan ASAL MENJUDGE, "gaboleh ditunda-tunda" "pamali nunda-nunda" "kamu KB ya?" "ih nanti rahimmu kering loh" "ih menghambat rezeki dari Allah" kepada mereka-mereka yang memang memilih menunda punya momongan karena sesuatu hal, karena harus melanjutkan kuliah dan sebagainya, karena terpisah jauh dari suami untuk beberapa waktu, dan karena alasan-alasan lain yang gaperlu diumbar yang tentunya sudah mereka pikirkan matang-matang. Percayalah, mereka paling tau apa yang terbaik untuk hidup mereka. Ga ada ko pasangan suami istri yang ga mau punya momongan, mereka cuma sedang menahan diri. Dan saya rasa, menahan diri ini juga cukup membuat mereka sedih, sakit dan tersiksa.
Meskipun dalam jumlah yang sangat kecil, ada juga pasangan yang memutuskan untuk tidak punya momongan.

...

Mungkin kalian tak menyangka, kalau pertanyaan seperti itu cukup banyak merubah (baca : mengganggu, mengusik) kehidupan seseorang.

1. Yang awalnya happy happy aja hidup berdua kaya saya, dijalanin aja sambil banyak belajar. Ada saatnya ngerasa "yuk cepetan kita punya anak" bukan karna pengen buru-buru, tapi lebih karna udah capek dan risih dengerin omongan orang.

2. Yang awalnya santai ngejalanin hidup sambil program hamil, jadi stress karena terintimidasi dan tertekan. Makin merasa sedih, ini udah program ko ga jadi-jadi. Pertanyaan tersebut malah membuat dia lebih susah lagi punya momongan karena makin stress.

3. Yang awalnya menikmati hubungan karena memang sedang "ingin" dan sedang mood. Menjadi asal berhubungan demi cepat punya bayi. Karena sudah tak tahan dengan suara sumbang diluar. Padahal menikmati proses membuat anak juga sama pentingnya.
Tahukah kalian? yang dateng ke dokter buat program hamil pun, khususnya insem atau bayi tabung, ga akan lantas langsung di program. Dokter hanya akan memberikan beberapa resep untuk mempersiapkan rahim menampung janin, untuk memperbaiki kualitas sperma, untuk memperkuat janin saat sudah jadi nanti, dan tetep nyuruh alami dulu selama beberapa bulan dengan menggunakan sistem masa subur.
Dan dari beberapa pengalaman teman-teman saya, mereka memutuskan berhenti sejenak dari program hamil, karena merasa diatur waktunya untuk berhubungan itu ga enak. Bisa jadi saat itu lagi capek, lagi ga mood, lagi males dan lain-lain. Yang ada malah makin stress.

4. Yang awalnya seneng kumpul jadi males kumpul, dan secara cepat akan langsung menolak saat diajak kumpul. Demi menghindari pertanyaan-pertanyaan sejenis dengan berbagai macam susunan kalimat dan nada bicara. Mulai dari yang halus sampai yang kejam.

...

Banyak hal yang membuat saya sangat bersyukur dengan hidup saya sekarang, kehamilan bukan satu-satunya goal dalam pernikahan ko, Jadi ya sebisa mungkin nikmatilah hidup sambil menunggu anugerah dari Allah datang.
Alasan untuk saya bersyukur jauh lebih banyak dibanding mengkufurinya.

1. Saya sangat bersyukur punya orang tua, dan mertua yang ga rese. Sampai sekarang, mereka sama sekali tidak pernah menanyakan hal tersebut kepada saya. Malah katanya "gapapa lah, berdua dulu aja". Meskipun kami tahu, dari lubuk hati mereka, mereka menginginkannya.
Banyak loh orang tua atau mertua yang ga berenti nanyain cucu, seolah gapunya kerjaan lain. Apalagi sebagian besar dari mereka juga melakukan itu karena diintimidasi, dipojokkan, dan banyak ditanya-tanya sama teman, sodara dan tetangga.

2. Kapan lagi saya dan suami bisa jalan-jalan seharian, nonton, makan, pulang larut malam, ketawa sepanjang hari, tanpa ada yang dikhawatirkan, tanpa harus buru-buru pulang.

3. Kapan lagi kita berdua bela-belain ke McD cuma buat makan eskrim, suap-suapan eskrim diantara pengunjung lainnya yang kebanyakan anak SMP.
Lihatlah betapa harmonis dan romantisnya kita yang udah pake cincin nikah ini. Bukti kalau kita sangat menikmati masa berdua ini.

4. Kapan lagi ngumpulin list film buat ditonton bareng dirumah, punya waktu luang buat nontonin dvd sambil disayang-sayang. Di bioskop aja gabisa begini :D

5. Saya yakin Allah sudah mengatur kehidupan saya sedemikian rupa, memberikan yang terbaik. Dan sampai detik ini saya merasa ini memang paling tepat untuk kami. Kaka Ipar baru saja lahiran bayi kembar, dimana ngurus satu anak aja repot banget, apalagi dua. Allah memberikan saya kesempatan untuk lebih banyak punya waktu sama Si Kembar, bantuin kaka ipar ngurus begitu ada waktu. Saya khusnuzan sama Allah, bayangin kalo saya hamil sekarang saya gabisa gendong sambil pelukin dan ciumin keponakan karena emang Ibu hamil ga boleh angkat beban. Dan yang lebih kerennya, kami terlebih dahulu dikasih kesempatan buat belajar urus bayi.

6. Saya bersyukur punya suami yang bisa bikin saya bangkit saat saya terpuruk. Yang bisa mengobati hati saya pas lagi sedih dan nangis karena sakit hati sama omongan orang.  Saya merasakan benar perubahan sifat dan sikap suami yang lebih ngemong, lebih bijak, lebih mengerti saya, lebih sabar, lebih suka anak kecil, lebih peduli sama orang lain, lebih banyak berkorban untuk orang lain dan banyak lagi lainnya.

...

Yang belum hamil, tetap semangat ya. Allah maha baik. Sabar yah, Insyaallah sebentar lagi ko dedenya lagi dalam perjalanan :)

Sambil nunggu de bayi, lebih baik kita fokus juga sama hal lain, fokus mengembangkan diri misalnya, Mulai menjalankan dan mengembangkan bisnis, nyoba masak dengan resep-resep baru, mengasah skill yang udah dimiliki, dan masih banyak hal positif lain yang bisa kita lakuin.
Jangan biarkan omongan sumbang diluar sana mematahkan semangat kita untuk jadi lebih baik, lebih berprestasi, dan lebih "bersinar". Dan biasanya orang yang sering nyinyir juga adalah orang yang hidupnya ya gitu-gitu aja, mungkin karena kebanyakan ngurusin hidup orang.

Yang masih sering ngeluarin pertanyaan-pertanyaan diatas, apalagi cuma sekedar berbasa basi, apalagi kalo kamu ga kenal-kenal amat sama orang yang kamu tanya. Sekarang udah jelas kan? Alasan kenapa harus lebih menahan diri buat bertanya hal seperti itu? apalagi kalo ditambah pake nyinyir, menyudutkan dan menyalahkan.

Banyak yang sering melontarkan pertanyaan mengganggu tersebut, menekan orang lain agar cepat punya anak, tapi dimanakan kalian saat yang selama ini kalian pertanyakan terus kehamilannya, akhirnya melahirkan? datangkah? hadirkah? ngasih selamet kah?
Banyak yang cerita, orang-orang tersebut jangankan jenguk, ngucapin selamet aja engga.

Atau saat berhasil hamil tapi keguguran, boro-boro deh dateng buat berduka cita dan nyemangatin.
Tapi ga lama, justru mereka juga yang paling rempong nanya kembali "udah isi lagi belum?" "ko belum isi isi lagi?"
Kira-kira orang macem begini enaknya diapain ya? gemassssssshhhhh.

Yuk ah lebih saling menghargai dan jaga perasaan.

Salam hangat
Kami yang sangat berbahagia dan menikmati hidup kami, dan tolong jangan iseng ngusik.





No comments:

Post a Comment

 

Melinda Pujiyanti Template by Melinda Personal Blog