Tuesday, June 6, 2017

10 Step Skin Care Routine

10 Step? Seriously?
Sebenernya metode ini populer di Korea dan lagi ngehits juga di mana-mana, makanya kalo kamu browsing atau blogwalking kebanyakan bilangnya 10 Step Korean Skin Care.
Tapi karna produk saya ga semuanya korea, saya ga menambahkan kata "korean", meskipun step-stepnya diadopsi dari sana.
Buat orang Korea, 10 step ini terbilang sangat standar, malah biasanya mereka melakukan 15-20 step setiap harinya, pagi dan malam. Ga heran kan kulit mereka bagus nan glowing, licin kaya porselen, warna kulitnya merata, tanpa kerutan. Saya pikir itu karena oplas, tapi o ow, itu ga sepenuhnya benar. Mereka sangat mengutamakan perawatan wajah dan kecantikan, bahkan sudah menggunakan skincare sejak usia belasan.

Hmmm.. komentar pertama kali kebanyakan orang pas tau metode ini pasti "duh banyak banget" "ah mahal" "repot ya" "ga sempet, ga ada waktunya" "ah gue 3 step aja bolong bolong".
Awalnya saya juga jiper duluan buat nyoba, ngapalin stepnya aja sampe ngulang-ngulang video di youtube, tapi karena udah buanyak banget yang membuktikan 10 step ini beneran bisa menghasilkan kulit mulus, lembab, kenyal dan glowing, saya jadi semangat buat nyoba.
Ditambah lagi, cantik emang butuh perawatan girls, bukan cuma ke salon tiap bulan, tapi yang terpenting adalah perawatan hariannya, karena muka kita bisa setiap waktu kena debu, polusi, kuman, pembersihan make up yang kurang total, dll. Kamu gamau dong tidur dalam keadaan muka belum benar-benar bersih dan tidak ternutrisi? Dampaknya serem banget girls :'(

Daridulu saya jarang banget ngerawat muka, karena muka saya keliatan gapunya masalah apa-apa, jerawat juga bisa dibilang jarang banget muncul bahkan gapernah muncul. Biasanya saya cuma cuci muka, sama pake day cream atau night cream. Ga pake sunscreen sama sekali -,-

Semenjak pulang honeymoon dari Bali, karena disanapun gapake sunscreen, padahal panasnya menyengat banget, muka saya jadi gosong, dan balik lagi ke normalnya lama banget, meninggalkan kesan kusam yang udah gabisa ditolerir lagi. Bahkan saya pakein daycream dan nightcream favorit saya aja, Optimals Oriflame ga bisa menghilangkan kusamnya. Saya sempet tergoda pake krim-kriman di online shop, dan cuma beberapa kali pake, langsung ditinggalin gitu aja. Boros emang!

Darisitu saya mulai cari tau soal perawatan muka, soal skincare, soal produk-produk yang bagus dan hal-hal yang berhubungan dengan itu.
Sampai saya ketemu dengan Channel Youtube nya Female Daily "10 Step Korean Skin Care" yang dibawakan sama Mba Affi Assegaf. 
Kamsahamida Mba, kamu membuat pikiran saya terbuka lebar soal skin care. Gara-gara Mba Affi, saya mulai belajar soal kandungan dan fungsi produk. Jadi kalo mau beli ga asal beli karena iming-iming iklan, melainkan cek dulu kandungannya.

Ditambah kebetulan waktu itu saya mulai suka drama korea dan mulai ke korea-koreaan, nyari tau apa yang lagi hits disana, fashionnya, makeupnya, dll. Semakin nyari tau, semakin banyak yang pengen dicoba, karena semuanya TERBUKTI. Termasuk teknik Jamsu Make Up yang bikin saya gaperlu touch up pas kondangan, tapi makeup tetep stay bagus seharian dengan hasil yang Matte.

10 Step Skin Care ini benar-benar bekerja di kulit saya, hasilnya bener-bener daebak. Untuk pertama kalinya saya bisa merasakan khasiat dan perubahan yang signifikan setelah menggunakan skin care.

Oya, sebelumnya saya mau bilang kalo tipe kulit saya kombinasi, daerah T-Zone bisa berminyak, tapi daerah lainnya sangat amat kering. Lebih ke cenderung kering. Apalagi kalau diruang ber AC, bisa kering banget banget banget.
Jerawat memang bukan masalah bagi tipe kulit kering. Tapi penuaan dini dan munculnya garis-garis halus merupakan masalah utama. Yang bikin sedih, kalau saya pake makeup, sering muncul garis halus di area bibir yang ketara banget dan bikin make up saya terlihat pecah. 
Hal-hal inilah yang bikin saya niat dan konsisten menjalani 10 Step skincare ini, karena saya gamau cepet keriput gara-gara kulit kering.

Makanya produk yang saya pake untuk 10 Step ini rata-rata punya khasiat melembabkan. Saya pengen juga ko putih dan kencang, tapi saat ini yang kulit saya sangat butuhkan adalah lembab.
Lain waktu, kalau kulit ini sudah mulai lembab dan glowing, saya mau coba produk whitening juga, karena pada dasarnya kulit badan saya putih, cuma karena muka gapernah dirawat, jadilah dia terlihat kusam karena entah sudah berapa ratus kali dibiarkan terbakar matahari yang mengakibatkan pengendapan sel-sel kulit mati. Wajar banget kalo berubah gelap dan kusam.

Ok girls, langsung aja ya saya beberkan produk apa aja yang saya pake, beserta harganya, karena ini ga semahal dan ga seribet yang kamu bayangin ko.

Let me start!

1. Cleansing Milk / Oil / Gel / Balm

Cleansing Milk ini udah saya pake sekitar 9bulan dan baru mau abis. Ko bisa? soalnya ini saya pake cuma kalo full make up aja, pulang dari kondangan. Selebihnya saya cuma cuci muka pake face wash.
Ngebayangin itu, betapa menyesalnya saya sekarang ga daridulu merawat kulit dnegan benar :(
Dan betapa seremnya ngebayangin udah berapa banyak racun yang selama ini betah bersemayam didalamnya. Kalo sekarang, saya rajin bersihin muka pake ini, meskipun ga pake make up. Karena yang nempel di kulit kan ga cuma make up, bisa debu, kuman dll
Cleansing Milk ini ga bisa membersihkan make up dengan sempurna ya, khususnya riasan mata dan bibir, makanya saya menggunakan Eye&Lip remover agar semuanya bisa benar-benar terangkat.
Dan karena ini adalah seserahan dari kangmas pas lamaran dulu, saya asal aja pilih yang bentuknya lucu padahal purifying ini harusnya untuk kulit normal ke berminyak. Sementara untu kulit kering, ada lagi produknya, yaitu hydrating cleanser.
Normalnya, harusnya ini cukup buat 3 bulan bahkan lebih.
Kalo ini udah abis, saya pengen nyoba cleansing oil yang terbukti ampuh mengangkat kotoran dan makeup yang menempel di wajah.
Ini saya beli di Matahari, bagian kosmetiknya.


2. Cleansing Wash
Tahap 1 dan 2 ini disebut dengan Double Cleansing, yang merupakan ritual wajib agar wajah benar-benar bersih sehingga skin care lainnya bisa menyerap maksimal.
Buat kamu yang kulitnya kering, hindari face wash yang mengandung scrub ya. Karena bisa bikin kulit kamu makin kering lagi. Hadalabo shirojyun ini gentle banget, lembut, ga ada scrub sama sekali. Setelah cuci muka berasa lembabnya. Ini cukup untuk 1 bulan dan bisa didapatkan di Carefour.

Untuk innisfree ini kebetulan saya dapet free dari pembelian special editionnya Green Tea Seed Serum Set. Wanginya saya suka banget, menenangkan, dan efeknya agak bikin kesat tapi tetep lembab, jadi ga sampe bikin muka kaya ketarik gitu.
Kalau beli, harganya sekitar Rp.130-150rb / 150gr, terjangkau sih untuk pemakaian 3 bulan.
Bisa didapatkan di store resminya Innisfree, yang sekarang udah buka di Mall Central Park dan Senayan City


3. Exfoliating Toner / Lotion / Chemical Exfoliating
Tahapan ini adalah tahapan yang awam buat saya, dan sekarang ini baru saya kenal. Ternyata Exfoliasi itu penting banget untuk kulit kita. Dengan exfoliasi, sel-sel kulit mati dan sisa kotoran yang tidak bisa dibersihkan dengan double cleansing bisa terangkat maksimal. Fungsi dari exfoliasi diantaranya mencerahkan, menghaluskan, melawan tanda penuaan, kulit terlihat sehat, dan membantu mengatasi jerawat.
Ini sebenernya toner yah, meskipun namanya lotion. Untuk produk jepang, toner itu biasa disebut lotion. Tapi entah kenapa Wardah ikut-ikutan pake kata lotion. Teksturnya cair namun tidak seperti air.
Produk ini isinya 150ml, cukup untuk pemakaian 2 bulan. Karena bentuknya cair dan diaplikasikn menggunakan kapas, jadi saya agak boros menggunakannya.
Exfoliation ini biasanya berisi kandungan AHA, atau BHA atau PHA.
AHA untuk kulit kering, BHA untuk kulit berminyak, dan PHA untuk kulit sensitif. Tergantung kulit kamu membutuhkan kandungan yang mana. Kebetulan Wardah Exfoliating Lotion ini memiliki kandungan AHA didalamnya, cocok untuk kulis saya yang kering.
Next saya pengen coba Hadalabo Mild Peeling yang bisa dibilang exfoliating toner terbaik, tapi sayangnya belum masuk Indonesia, jadi harus beli online.
Wardah exfoliasi lotion bisa di dapatkan di Carefour,


4. Hydrating Toner / Lotion
Tahap 3 dan 4 dinamakan double toning
Hadalabo Gokujyun ini termasuk dalam hydrating toner. Skin care korea, rata-rata tonernya bersifat hudrating. Yang fungsinya menghidrasi, dan mengembalikan PH kulit sebelum dilakukan step berikutnya.
Kenapa sih harus double toning? emang penting ya? Hmm.. penting banget ladies, karena jarang banget ada toner yang memiliki fungsi lengkap seperti mengangkat sel kulit mati, menghidrasi, mengembalikan pH kulit, mengembalikan kondisi kulit setelah melakukan double cleansing. Rata-rata semua itu bisa didapatkan dengan melakukan double toning.
Kalo kamu cuma pake hydrating toner, jangan nyesel ketika sel kulit mati kamu tidak terangkat dengan baik.
Meskipun dalam face wash biasanya ada kandungan melembabkan dan mengangkat sel kulit mati, tapi percayalah khasiatnya hanya numpang lewat.
Ini bisa didapatkan di century, guardian, carefour, dll.


5. Essence
.
Essence merupakan produk dengan kandungan bahan aktif yang tinggi, namun tidak lebih tinggi daripada serum. Teksturnya pun lebih cair dibanding serum.
Biasanya orang cuma kenalnya sama serum, tapi ternyata skin care korea mengharuskan pake essence 
juga, fungsi essence ini untuk melembabkan dan menutrisi kulit sampe ke lapisan kulit terdalam.
Cosrx Galactomyces ini kandungannya mirip banget sama SKII FTE dan juga Missha Time Revolution FTE yang terkenal as duplikatnya SKII.
Ketiga produk ini mengandung Galactomyces Ferment Filtrate, atau dikenal dengan Pitera, yang berfungsi menjaga kelembapan, memperbaiki tekstur kulit, antioxidant, mencerahkan, anti aging dan mengurangi dark spot.
Essence ini hanya sekitar 200-an ribu, jauh lebih murah dibanding produk sejenis lain yang mengandung pitera. Kayaknya sih bakal cukup untuk 3-4 bulan, karena saya pakenya hemat cuma 1 pump aja udah cukup buat muka dan leher yang mungil ini :D
Saya beli ini di Shopee, Ini bukan pertama kalinya saya beli skin care korea di shopee, sempat beberapa kali, dan saya rasa sih asli karena hasilnya yang beneran terasa di kulit saya. Kamu pastikan aja sellernya terpercaya, dan banyak testimoni bagusnya.


6. Serum
Udah pake essence, masih pake serum?
Yap, begitulah skin care Korea. Mengharuskan pake essence juga pake serum. Mungkin agar konsetrat aktif yang ada di keduanya bisa bekerja dengan maksimal.
Tekstur serum lebih kental dari Essence, partikelnya lebih kecil sehingga lebih mudah untuk menembus kulit sampai lapisan terdalam.
Awalnya saya dapet tester Green Tea Seed Serum ini saat mendaftar sebagai membernya Innisfree. Awal pemakaian aja udah bikin saya terpukau, karena kulit saya yang kering banget ini, bisa terasa lebih lembab. Wanginya juga saya suka banget karena menenangkan, saat diaplikasikan pun, kulit terasa dingin dan segar.
Produk ini merupakan BEST SELLERnya Innisfree karena mampu mengunci kelembapan kulit.
Saya rasa sih cukup untuk 3-4 bulan, atau mungkin 5 bulan karena saya pakenya cukup 1 pump aja.
Produk ini saya dapatkan di Innisfree Senayan City, kebetulan dapet last stocknya Green Tea Seed Serum Set (Free Cleansing Wash & Moisturizer).


7. Sheet Mask
Ini sih produk yang udah banyak di pasaran yah, tapi baru sekarang rajin saya pake. 
Karena harganya yang relatif mahal dibandingkan masker bilas, selama ini saya cuma pake masker bilas aja yg efeknya rata-rata mencerahkan tapi agak bikin kulit kering.
Dan sheet masknya Innisfree ini ngefek banget di kulit saya, langsung lembaaaabbbbbb. Essence yang menempel di sheet masknya banyak banget sampe luber dan netes-netes.
Produk ini saya dapatkan di storenya Innisfree
Oya, saya pernah beli online, tapi kapok karena pas barangnya dateng itu panas banget. Mungkin karena kejemur matahari. Saya takut aja kandungan didalamnya akan berubah. Jadi akan lebih aman kalo saya beli langsung ke storenya.


8. Eye Cream
Eye cream adalah produk skin care yang paling ga keliatan efeknya tapi sebenernya penting banget. Makanya kadang orang males-malesan pake. Saya pake ini meskipun ga ada perubahan yang signifikan, gabisa ngilangin haris halus dibawah mata, tapi cukup melembabkan dan ga bikin kering, juga ngasih sensasi segar saat dipakai.
Kalopun ada eye cream yang langsung ngefek, itu sih harganya mahal banget.
Produk ini saya dapatkan di Shopee.


9. Moisturizer / Night Cream / Day Cream
Ini juga salah satu skin care yang udah ga asing lagi, dan pastinya sering kamu pake. Moisturizer merupakan skin care sangat dasar, mau cuma 3, 4,atau 7 step. Fungsinya tergantung kebutuhan yah, ada yang melembabkan, anti aging, mencerahkan, dan lain-lain.
Waktu itu saya dapet testernya Moisturizer Innisfree yang orchid, untuk anti aging. Dan bagus banget hasilnya di muka. Cuma karena saya dapet free moisturizer seri green tea, untuk pagi saya akan pake ini dulu sampai habis. Lagi-lagi hasilnya sangat melembabkan.

Untuk malam, saya pakai Hadalabo Shirojyun. Kelebihan produk hadalabo ini bebas warna, dan tanpa wewangian sama sekali. Saat diaplikasikan memberikan sensasi dingin. Produk ini agak lama menyerap, kandungannya thick, tapi di saya cocok banget. Infonya kalo di kulit berminyak malah bikin makin minyakan.
Produk ini saya dapatkan di Guardian


10. Sunscreen & Sleeping Mask

Sunscreen : Oh My God, saya baru tau pentingnya sunscreen dipake tiap hari sekarang ini. telat banget. Selama ini saya cuma pake sunscreen kalo kepantai atau berenang, itupun kalo lagi sadar dan rajin. Kalo lagi males ya wasssalam. Saya pilih suncreen ini karena direkomendasikan oleh Female Daily.
SPF yang terkandung macem-macem banget, ada yang 25, 30 sampe 50++.
Buat kamu yang kebanyakan aktivitas diluar, sangat disarankan pake yang SPF paling tinggi, itupun masih harus sesekali di touch up pake bedak yang mengandung SPF.
Buat Ibu yang cuma keluar sebentar buat nganterin anak sekolah pun, harus banget pake sunscreen.
Daridulu saya gapernah pake sunscreen buat sehari-hari, dan akibatnya muncul bintik noda-noda hitam di muka saya yang susah dikembalikan ke kulit semula.
Saya beli produk ini di Carefour

Sleeping Mask : Ini juga produk yang baru saya tau. Sleeping mask berfungsi sebagai masker yang bisa kamu gunakan sepanjang malam, dengan fungsi menjaga kelembaban kulit. Memberikan efek kulit yang lebih cerah dan segar saat bangun tidur. Sleeping Mask dari laneige ini juara banget. Efeknya bener-benr langsung keliatan di pagi hari.
Sleeping mask merevitalilasi seakan-akan tidur kita cukup sekalipun sebenernya kurang tidur, tapi kulit kita tidak memperlihatkan itu. Ini harus banget dicoba sih.
Produk ini saya dapatkan di Shopee

.....

Well itulah produk dari 10 step skin care yang saya gunakan
Produk yang saya gunakan bisa berubah-rubah saat habis, karena saya masih pengen nyoba produk lainnya, Sampe nemu yang terbaik, yang ga bikin saya pindah-pindah lagi.

Ini kalo dijumlahkan totalnya 1.022.000 + sheetmask (19.000 x 8pcs) = 1.174.000
Belum termasuk produk yang saya ga beli karena dapet free. Misalnya belipun, paling totalnya sekitar 1,5jtan, atau 2jt.
Itu sudah termasuk beberapa produk yang bisa dipakai 3-5bulan.
Yang kalau di bagi rata, kira-kira hanya menghabisakan 300rb - 400rb/bulan untuk 10 step tersebut. Bahkan bisa lebih murah.

Worth it banget kan?

Hasil di saya udah keliatan banget, banyak yang bilang "bersihan" "cerahan" "glowing" "bersinar"
Saya sendiri pun puas dan happy banget tiap kali ngaca di pagi hari. Karena perubahannya terus lebih baik.
Apalagi hubby kemaren sempet bilang "sekarang aku lebih suka kalo kamu ga makeupan, glowing" :D

Belinya bisa kamu cicil-cicil ko, gaperlu semuanya langsung ada. Dan usahakan beli testernya dulu, biar kamu ga nyesel kalo ternyata produknya ga cocok di kamu, terutama untuk kulit sensitif.

Selamat mencoba Ladies :)


3 comments:

  1. Berarti produknya bebas milih kan ya,gx harus sama dgn yg mb' pakai? 😊

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

 

Melinda Pujiyanti Template by Melinda Personal Blog