Tuesday, July 17, 2018

Drama MengASIhi : Flat Nipple / Puting Datar, Berhasil Menyusui!

Assalamualaikum boebok...
terutama buat yang lagi mengASIhi, yang baru lahiran dan hampir baby blues karena baby sering nangis kejer gamau nen, setelah dicek-cek eh "flat nipple".

Langkah pertama tenang dulu yaaa (pokoknya kalo udah jadi Ibu, ketenangan is nomor wahid).

Bisa dibilang, saya termasuk Ibu yang beruntung, ASI udah keluar pas hamil 7 Bulan (mungkin ini efek dari rajin bersihin & pijat payudara), jadi begitu melahirkan gapake drama diojok-ojok suruh pake sufor cuma karna takut bayi haus.

Inget ya, bayi baru lahir masih bisa bertahan tanpa cairan apapun selama 72 Jam / 3 Hari (aturan ini sudah diberlakukan di RS Pro ASI), jadi selama 3 hari kamu masih bisa tenang dan ga ketakutan bayimu tiba-tiba dikasih sufor. That's why, penting sekali ya nyari RS yang PRO ASI. Karena sesungguhnya, semahal dan sebagus apapun sufor, ga ada yang bisa menandingi kandungan nutrisi ASI ciptaan Allah. Jadi sebisa mungkin, usahakanlah sampai titik darah penghabisan.

Tapi batasan 72 jam itu tidak berlaku apabila bayimu dalam keadaan yang kurang baik, seperti kuning, lahir prematur, dan keadaan mendesak lainnya ya. Saat ini terjadi, tapi ASImu tak mencukupi, pilihan selanjutnya tergantung padamu ya mom. Mau sufor atau cari donor ASI. Saya pribadi akan lebih memilih opsi kedua. Ini penting untuk direncanakan dan didiskusikan ke suami dan keluarga sebelum melahirkan. Agar kemauanmu dan kenyataannya sejalan.

Proses kelahiran saya begitu terasa sempurna dan menyenangkan, dan gasabar buat rooming in. Tapi harus nunggu Aurora di imunisasi pertama dan di observasi dulu. Akhirnya 3 jam kemudian saya rooming-in dengan Aurora.
Saat itu hal pertama yang saya lakukan adalah ngebuka bedongnya, ngecekin kelengkapan anggota tubuhnya (meskipun ini udah di screening pake USG 4D pas 7bulan) dan Alhamdulillah lengkap ga kekurangan suatu apapun. Sambil saya gendong (soal gendong menggendong kebetulan udah mahir, karna keponakan aja udah 5), saya tatap muka anak saya lekat-lekat, Masyaallah cantik banget, charming, lucu, bibirnya merah, kulitnya putih, matanya masih jarang dibuka. Rasanya saat itu masih ga percaya kalo yang lagi saya gendong ini anak saya sendiri yang selama 9bulan hidup diperut saya.

Saya langsung coba-coba nen-in anak saya, ohh ternyata begini rasanya menyusui, ASI saya baru keluar seperlunya, karena kebutuhan Aurora pun cuma 5ml sekali minum. Karena yang keluar masih kolostrum dan Aurora nen-nya belum pinter, jadilah belepotan dan alhasil kering-kering gitu disekitar mulutnya.
Hari pertama sampe waktunya pulang semuanya lancar, Aurora selalu nenen dengan damainya, meskipun sebenernya banyakan tidurnya. hahaha
Dan pas lagi nen-in gitu, sempet diliatin mamaku "Ko putingnya ga mancung ya mel? kasian dedenya jadi susah nenennya" Tapi saat itu omongan mama saya cuek bebekin, wong Aurora tetep mau nen. Dan apanya yang kurang mancung sih, orang emang begini bentuknya.

Lalu, saya pulang kerumah mertua di hari Sabtu / saat usia Aurora 3hari, ga berani tinggal bertiga doang sama Suami dan Aurora. Hal ini sudah saya rencanakan matang-matang demi bisa maksimal merawat Aurora tanpa Baby Blues, dan agar kebutuhan makanan demi kelancaran ASI juga terpenuhi. Jadi diambil keputusan selama cuti saya akan bergantian tinggal dirumah mertua, orangtua, dan kakak. Jadi packingnya ga cuma perlengkapan buat ke RS, tapi juga udah disiapin baju sekoper buat tinggal disini dan disana.

Saat hari keempat, papa sempet tanya "ko bawah matanya agak kuning ya mel?". Iya sih saya juga liat Aurora jadi tiba-tiba menguning, tapi saat itu saya ga panik karena toh besoknya kontrol ke DSA.

Tibalah hari kelima, Aurora masih nen dengan lancar. ASI saya juga jadi agak deres. Pas di cek DSA, kabar baiknya BB Aurora stay di 3Kg yang mana itu baik karena biasanya ngalamin penurunan dulu. Kabar kurang baiknya, Aurora dinyatakan kuning fisiologis yang mana termasuk kuning dalam kategori normal dan tingkat bilirubinnya masih dalam batas toleransi, sehingga ga dibutuhkan fototerapi. Dugaan sementara karena masih kurang minum ASInya, padahal Aurora kuat banget loh mimiknya, dibuktikan dengan BB yang masih stabil. Dan sambil diobservasi, harusnya kuning ini hilang setelah 1 bulan.

Setelah keluar dari ruang DSA, sambil suami ngurus administrasi, saya masih bisa nen-in Aurora di runag menyusui, yang ternyata itu adalah nen-in yang terakhir. Karna pas sampe rumah Aurora gamau nen lagi, tiap nen teriak-teriak karena gabisa ngisep tapi udah kehausan duluan.

Untungnya, sejak tiba dirumah mertua, saya langsung coba pumping-pumping (awalnya pake manual) dipinjemin kaput. Lalu saya simpan di kulkas. Jadi yasudahlah saya relakan anak saya minum ASI pake dot, padahal sebenernya hati sedih banget dan belom bisa nerima kenyataan anak gamau direct breastfeeding. Sejak hari itu saya pumping terus, sambil berusaha nenenin terus tapi tetep gamau. Saya tanya sini sana dan banyak jawaban kalo mereka yang flat nipple pada akhirnya bisa menyusui, tapi saking dropnya saya, kalimat-kalimat penyemangan dari sesama flat nipple pun rasanya ga mempan di saya.

Saya stress, nangis 2 hari ga berenti. Minta maaf ke Aurora, takut ada tindakan saya yang bikin Aurora jadi gamau direct BF. Saya langsung teringat omongan Mama di RS, terus minta dikirimin foto nipplenya Mama. Dan ternyata disitu saya baru tahu, kalau saya FLAT NIPPLE!
Nipple Mama itu bener-bener kaya dot, sesuai iklannya yang bilang "menyerupai puting Ibu".
Dari awal hamil saya udah baca-baca soal flat nipple sebenernya, tapi saya sama sekali ga sadar itu terjadi sama saya, karena nipple saya masih nonjol meskipun sedikit. Awalnya saya pikir flat nipple itu bener-bener flat ga ada tonjolannya sama sekali.




Disitu saya baru berpikir, Aurora waktu dirumah sakit masih mau nen karena produksi ASI masih sedikit, jadi keset dan latch onnya mudah. Sementara setelah 5hari produksi ASI saya melimpah ruah, ngucur-ngucur sendiri tanpa disedot, jadi licin dan alhasil Aurora susah latch on. Meskipun udah di pumping dulu pun, Aurora tetep susah latch on.

Saya makin stress, makin mikir yang aneh-aneh.
"Gimana kalau saya sampai gabisa nyusuin lagi?"
"Gimana kalau karna itu produksi ASI saya lama-lama berhenti"
"Gimana kalau jalan-jalan? repot banget harus bawa cooler bag, ASIP, termos, pompaan dll."

Banyak banget pikiran negatif yang berkecamuk. Dan akibatnya, ASI saya SERET, BERENTI, HASIL POMPAAN NIHIL, STOK DIKULKAS TINGGAL BUAT SEKALI MINUM, dan malem itu masih nunjukin jam 19.00 yang mana buat ke pagi masih lama banget, sementara Aurora harus minum ASI 2 jam sekali biar kuningnya ilang. Saya makin nangis sejadi-jadinya. Gamau ditengokin, gamau ada yang dateng, mau sendiri aja di pojokan meratapi nasib. Saya minta maaf ke Suami, karena merasa gagal jadi Ibu. Anak kuning, harus banyak minum, tapi ASI udah ga keluar.

Lalu, hal yang tidak pernah saya duga-duga terjadi. Suami yang tadinya kerjaannya cuma tiduran, main HP, mainin anak, paling bantu dikit-dikit ambilin popok atau peralatan bayi, karena saat itu masih takut gendong. Tiba-tiba melakukan sesuatu hal yang menakjubkan.
Suami tercintaku bergerak nyari DONOR ASI, hubungin sini sana, sambil mijitin saya, peluk ciumin saya, nyiapin cemilan, nyapin minum segalon, sambil bilang kata-kata sayang "Udah ya sayang jangan nangis lagi, happy ya, ASI kamu pasti keluar lagi. Kamu tenang aja, tuh liat Aurora lagi tidur nyenyak". Saya pun semangat pumping lagi, kali ini pake metode Power Pumping dan pake alat pompa electric yang sekali nyedot 2 payudara (pinjeman dari kaput juga). Entah akan keluar apa engga, saya udah ga peduli, yang penting saya harus terus mancing produksi ASI. Hasil pumping saat itu lumayan dapet 50ml. Cukup untuk sekali Aurora minum.

Hal yang dilakukan suami saya tidak mungkin terjadi kalau saja suami saya sebelumnya ga diedukasi mengenai pentingnya ASI, dan ga baca buku CATATAN AYAH ASI. Jadi saya sooo thank you banget sama yang bikin buku ini.



Dan Alhamdulillah, malem itu dapet donor ASI dari seorang bayi bernama Claymira. Terimakasih ya nak, mungkin kalau bukan karna kamu, kita semua udah ambil jalan pintasnya, yaitu sufor.
Suami langsung jemput ASIP ke tempat pendonornya, lumayan 20kantong.
Karena perasaan sudah lebih tenang, ASI saya pun bisa mengucur kembali seperti sedia kala. Sejak saat itu setiap tetes ASI selalu saya syukuri.

Hari-hari berikutnya saya jalani dengan santai, Aurora masih gamau DBF, saya masih terus semangat pumping tiap 2 jam sekali, selalu happy juga yang mengakibatkan ASI saya ngocor bin tumpeh-tumpeh. Baju gapernah absen kebanjiran ASI. Stok di freezer full.

Akhirnya, setelah 2 minggu berlalu, karena di pompa terus menerus, nipple saya pun lama-lama keluar dan sejak saat itu saya bisa DBF. Rasanya luar biasa senang, sekarang tiap Aurora minta nenen pun saya sambut "sini sini nak nenen Bunda".
Saya bisa membuktikan kalau saya yang Flat Nipple ini berhasil menyusui, entah langsung ataupun pakai media lain. Bahkan syukur Alhamdulillah, saya bisa membantu bayi-bayi lain dengan Donor Asi dan sudah punya 3 anak susu.
Jadi saya berharap besar buibu sekalian yang sedang mengalami drama ini pun, bisa melakukan hal yang sama, demi imunitas anak-anak kita di masa depan, demi bisa mengASIhi minimal 6bulan dan syukur-syukur sampai 2tahun. Aamin.
Memang akan terasa sulit awalnya, bahkan yang sampe lecet dan berdarah-darah karna harus ditarik paksa pun banyak.

BREASTFEEDING : Menyusu di payudara. Bukan NIPPLEFEEDING : Menyusu di puting.
Dulu saya ga percaya kata-kata ini, sampai saya bisa membuktikannya sendiri.
Jadi mau flat nipple atau mendelep sekalipun Insyaallah dengan niat dan usaha yang maksimal pasti bisa. Jadi tetep semangaatttt buibuuuuu. Peluk saya untuk kalian.

Disini saya sama sekali ga mengharamkan sufor, namun dengan segudang manfaat ASI, gratis, higienis, perlu sekali diusahakan. Apalagi sekarang banyak konselor laktasi yang bisa dikunjungi, yang home visit pun ada.

Namun apabila sudah maksimal namun ASI tidak juga mencukupi, maka Ibu harus belajar menerima kenyataan. Pake sufor tidak mencerminkan Ibu yang gagal ko. Ibu yang hebat itu Ibu yang Bahagia :)

Saya sarankan sebelum melahirkan sudah menyediakan pompaan ASI, baiknya pinjam atau sewa dahulu. Karna pompa ASI juga cocok-cocokan. Kadang ASI ga keluar pas di pompa itu bukan karna ASInya ga ada, melainkan mungkin ga cocok sama pompaannya.

No comments:

Post a Comment

 

Melinda Pujiyanti Template by Melinda Personal Blog