Monday, July 9, 2018

Gentle Birth : My Birth Story (RS.Sari Asih Ciledug, dr.Wisnu Setyawan)

Assalamu alaikum gaes...hehehe
Belum kelar ngebahas soal kehamilan, tapi kayaknya aku langsung loncat ke bahasan lahiran aja yaaa..
Karna aku sudah melahirkaaaaaaannnnnn.. yeaaayyy.. Alhamdulillah
Tentunya dengan nyaman, no no trauma, no mules, sakit sedikit, lancar dan bahagia.

Aku melahirkan seorang bayi perempuan yang cantik jelita kaya Ibunya (pret) di RS.Sari Asih Ciledug. Tanggal 15 Maret 2018, Pukul 12.00 siang dengan persalinan normal. Berat 3Kg, Panjang 47cm. Begitu lahir, adzan dzuhur langsung berkumandang, aku terharu banget, serasa bayiku diadzani banyak orang.
Kemudian bayi mungil itu kami beri nama : Aurora Malika Xaviera
Arti Nama
Aurora : Fajar
Malika (Arab) : Ratu
Xaviera (Arab) : Terang
Harapan kami sebagai orang tua, semoga kelak Aurora dapat menjadi penerang bagi sekitarnya (banyak ilmu, bisa mengedukasikan banyak hal, bisa membawa yang negatif ke arah yang positif, menyebarkan kebaikan) seperti fajar di pagi hari yang muncul membawa harapan dan semangat, dan semoga menjadi penerang jalan kami menuju akhirat..aamiin

Dari sebelum nikah, suami selalu bilang "Aku mau punya anak cewek, namanya Aurora". Karena suamiku suka sama Aurora (bukan princessnya disney ya, tapi Aurora fenomena alam itu loh).

Aurora

Terus pas aku hamil suami juga bilang "aku maunya nama anak aku ada X/Z/Qnya biar ga mainstream..haha..Jadilah aku cari nama yang hurufnya berawalan itu, sampe akhirnya aku menemukan nama Xaviera.
Merasa masih kurang puas dengan Aurora Xaviera, suami nyari nama tengahnya. Duh ini lucu banget deh kalo diinget-inget, soalnya dia sampe nulis daftar nama dimana-mana, di notes hp, di buku catetan, di notes laptop dll, saking excitednya. Akhirnya diruang bersalin, setelah Aurora lahir, diputuskanlah nama tengahnya "Malika"

Kontrol Terakhir (37week 2day) & Yoga Terakhir
Kalau kalian denger cerita kelahiran aku, mungkin sebagian ada yang percaya dan ada juga yang engga. Pasalnya aku lahiran tidak sesuai HPL, melainkan sesuai insting yang diberikan bayiku sejak jauh-jauh hari. Dan no no drama, no no mules, no no sakit. Ko bisaaaaaa??? Jadi sampai sekarang aku gatau mulesnya lahiran yang orang-orang bilang dahsyat banget itu. Masyaallah.

HPLku tanggal 29 Juni 2018 (hitungan 40minggu), dan seharusnya baru cuti di tanggal 19 Maret 2018.

Tapiiii...
10 Maret (Sabtu Siang) : Aku udah email ke semua manajemen dan rekan di kantor tentang serah terima pekerjaan. Dan disitu aku bilang kalau aku akan lahiran sebelum waktunya cuti. Sok tau banget kan ya gue?

10 Maret (Sabtu Sore) : Kontrol ke dr. Wisnu. Sambil update instastory kalau ini kontrol terakhir (sok tau lagi kannn?). Tapi karena ada kesalah pahaman antara aku dengan bagian pendaftaran, jadilah aku yang tadinya no urut 11 dibikin no urut 41 (pasien terakhir dan baru masuk 1/2 12 malem), tapi aku kekeuh tetep kontrol karna yakin bentar lagi lahiran. Kasian banget loh suamiku sampe ketiduran saking lelahnya nunggu berjam-jam.


Tibalah saatnya kita masuk ke ruangan, cek ini cek itu, semuanya bagus dan tetiba dokter wisnu bilang "gapapa bu, jangan dulu cuti, masih lama ko ini".
Dijalan pulang aku masih bilang ke suamik "engga lama ko, aku lahiran minggu depan"

Oya, seminggu sebelum kontrol terakhir, aku main tebak-tebakan sama suami, nanya kapan kira2 aku lahiran
X (suami) : 13 deh biar samaan kaya kamu
Y (aku) : engga, 15 maret dia lahirannya, hari kamis
X : Ko gitu? oh nunggu mama pulang dari surabaya ya? (karna kebetulan mama mertuaku ke surabaya dan baru pulang tanggal 14 siang)
Y : Engga ko, bukan karna mama. Tapi emang tanggal 15 aja (aku ngomong ini dengan seyakin yakin yakinnya)

11 Maret (Minggu Pagi) : Hari ini adalah jadwal Prenatal Yoga + Hypnobirthing, jam 08.00 - 10.00.
Tapi selesai Yoga aku pamitan sama temen-temen dan instrukturku, aku bilang kalau itu yoga terakhirku, padahal aku udah bayar sampai 38 minggu yang mana masih kurang 1x pertemuan lagi.


Bloody Show

12 Maret (Senin Pagi) : Dikantor tiba-tiba keluar flek coklat, tapi aku masih kerja seharian. Eh terus pada heboh gara-gara email hari sabtu itu, dikira aku udah gamasuk kerja lagi..hahaha


13 Maret (Selasa Pagi) : Pas mau mandi dan siap-siap berangkat kerja, keluarlah lendir darah, volumenya masih dikit sih. Hari itu aku jadiin hari terakhir masuk kerja dengan minta cuti tambahan. Akupun chat dr.wisnu dan disuruh langsung ke lt.3 karna kemungkinan udah pembukaan. Dan, aku ga ke RS dong..hehehe,,karena aku belom merasa kontraksi, sedangkan dari semua literatur yang aku baca, baiknya ke RS setelah kontraksi 5menit sekali aja, menghindari tindakan dini, karena ada loh yang pembukaan 1 ke berikutnya sampe berhari-hari sampe berminggu-minggu.

14 Maret (Rabu Pagi) : Aku jalan pagi sendirian karena suami belom pulang kerja, sambil nunggu kontraksi yang ga dateng-dateng. Pas lagi jalan, aku ngerasa perut rada keram gitu, buru-burulah pulang, dan jeng jeng sampe rumah ilang gitu aja...zzzzz..Pagi itu aku bloody show lagi, jauh lebih banyak, sampe ngucur, sampe aku teriak minta tolong suami buat ambilin tissue.
Suamiku sebenernya udah panik dan ajak ke RS, tapi aku masih anteng aja latihan Yoga plus main-main di gymball, abis itu malah tidur deh. Sambil tanya sini sana, mules kontraksi itu kaya gimana sih? soalnya aku ga mules sama sekaliiii

14 Maret (11.00) : Akhirnya aku manut buat ke RS. Diceklah pake CTG ternyata bener udah kontraksi, sambil diomelin bidan (asst.dokter)..wkwkwkkw
"ibu kenapa baru kesini sekarang?",
"saya kan ga mules",
"orang itu beda-beda bu, ada yang bisa nahan sakit, ada yang sakit dikit aja udah berasa banget".
Ga lama, datanglah dokter Wisnuku (padahal hari itu ga ada jadwal praktik, dan dia meluncur ke RS demi aku seorang). Dicek VT dan ga sakit sama sekali looohh, sueerr. Dibilang udah pembukaan 1, disuruh langsung rawat inap karena prediksinya aku bakal lahiran malem itu atau besoknya. Padahal dalem hati aku bertanya-tanya, gimana mau lahiran, orang mules aja engga. Jujur, aku takut banget di induksi karena ga mules. Padahal dari awal aku udah bilang suami, no induksi, no ILA (ini buat yang gakuat sakit bisa pake ILA ya), sealami mungkin. Abis itu dikasih makan siang enyaakkkkkk.
Setelah kenyang, aku dan suami ke bagian administrasi buat daftar kamar rawat inap. Dan tahukah kalian, ternyata saat itu semua kamar penuh, dan tinggal sisa 1 kamar Deluxe/VIP. Padahal niatnya mau ambil yang kelas 1 aja.
Saat itu aku bilang ke suami, aku terserah dia mau gimana, mau transfer ke RS lain yang ada kelas 1nya juga gapapa (karna meskipun dicover asuransi ada limit ya bok, dan harga kelas 1 ke Deluxe itu bedanya lumayan jauh), asaaaaallllll aku cuma mau sama dr.wisnu lahirannya, gamau sama yang lain, aku udah klop banget sama dia. Sedangkan dr. Wisnu cuma buka praktik lagi di RS Permata Ibu yang gabisa dicover asuransi.
Dan akhirnya dengan segala pertimbangan suamiku yang baik, di booking lah si Deluxe kamar terakhir itu. Sebenernya jumlah kamar disitu banyak ko, tapi entah kenapa saat itu yang lahiran bejibun banget, sehari aja ada 21 orang.
Tapiii, aku pamit pulang dulu, karena tetep pengen nunggu kontraksi dirumah dengan santainya sambil maenin Birthing Ball, nyanyi dll. Dan diijinin sama dr.Wisnu. Kelamaan di RS ngeri bolak-balik dicek VT.

14 Maret (16.00) : Keluargaku dan keluarga suami udah mulai ketar-ketir dan nanya-nanyain mulu pas tau aku udah pembukaan 1. Suami sampe nelponin mama yang baru aja landing di Jakarta, nanya-nanya kontraksi itu gimana, karena bingung aku ga ngerasain mules atau sakit.
Menjelang magrib aku jadi lebih sering Bloody Show, dan mulai keram-keram dikit dibagian bawah perut, tapi tetep ga mules. Akhirnya diputuskan kita berangkat ke RS dan langsung Rawat Inap.

Bersambung ke Part 2 yaaa...

No comments:

Post a Comment

 

Melinda Pujiyanti Template by Melinda Personal Blog