Monday, July 9, 2018

Gentle Birth : My Birth Story (RS.Sari Asih Ciledug, dr.Wisnu Setyawan) Part 2

14 Maret 2018 (19.00)
Sampe rumah sakit, aku langsung masuk kamar bersalin, sementara kamar rawat inapnya disiapkan. Janinku langsung di cek CTG, dan di cek VT sama bidannya (karna malem itu dr.Wisnu lagi praktek) huhuhu.. Entah kenapa di cek VT sama bidan rasanya sakiittt, aku sampe ngeremes tangan bidannya, ga soft kaya dr.Wisnu. Ternyata saat itu baru pembukaan 1 longgar.
Sekali CTG itu sekitar 30menit ya, aku sampe 2x di CTG karena katanya janinku geraknya sedikit, bisa jadi kurang oksigen atau ibunya laper. Naahhhh eta tah etaaaa, mamak laparrrrr.

14 Maret 2018 (20.30)
Aku masuk ruang perawatan, di kasih oksigen biar bayinya juga dapet oksigen, abis itu di CTG lagi. Whaatttt?? Padahal perut udah brukbukbrukbuk, tapi suami juga lagi ribet ngurus administrasi. Sementara aku maunya makan bareng suami (emang lagi manjaaahhh, lagi pengen dimanjaaahh, pengen berduaan dengan dirimu sajaaa).
Ternyata dikamar udah berkumpul keluarga dari suami. Senangnyaaaa. Dan alhamdulillah hasil CTGnya sudah membaik. Terus karena aku anaknya pecicilan bin gamau diem, selesai CTG aku langsung tanya
"Sus, saya mau jalan-jalan ya"
"Nanti ya bu, di oksigen dulu sekitar 40menit lagi" Yaampunnn lama banget, ngebet banget udah gasabar mau mancing kontraksi, mau cepet-cepet ketemu Aurora.
Cek CTG di kamar perawatan
Karena aku belum juga merasakan kontraksi yang berarti, selain cuma perut bawah kaya ditarik-tarik. Pas pindah dari ruang bersalin ke kamar perawatan, dengan entengnya aku jalan cepet kaya ga kenapa-kenapa, sampe dikomenin Papa Mertua dan keluarga, dibilang "kamu ko kaya bukan orang mau lahiran mel, jalannya aja cepet banget!" wkwkwkwkwk.
Waktu demi waktu berlalu, aku nikmatin banget kontraksi yang dateng (sejak saat itu, aku anggap perut kencang tanpa mules itu kontraksi). Masih bisa ngobrol, jalan-jalan, liat ruang bayi, tiduran, dll

14 Maret 2018 (23.00)
Akhirnya keluargaku datangggg, minus adeku karna masih kuliah. Aku yang tadinya tidur, langsung bangun dan ngobrol-ngobrol. Mereka sampe heran ngeliat aku yang biasa aja, malah dikiranya aku bakal masih lama lahirannya karna anak pertama biasanya gitu (kata iparku yang bidan).
Sebenernya saat itu udah mulai agak lebih kenceng keramnya, tapi karna ga mules, jadi aku masih biasa aja. Aku nikmatin duduk goyang-goyang di birthing ball sambil ngobrol dan atur nafas.
Ga lama, keluargaku pulang karena besoknya ada ujian sekolah (karena mereka semua guru), kecuali Bapak dan Mama ku.
Aku lalui malam itu tanpa kendala yang sulit, paling kalo sesekali berasa keram, suamiku ngusap-ngusap punggung sambil aku tidur. Aku sempet tidur lama gitu ko bareng yang lain.

Dan hari itupun tiba..

15 Maret 2018 (05.00)
Tim Bidan dateng lagi ke kamarku, di cek lah ternyata aku udah pembukaan 3. Aku masih belom ngerasain mules, aku sampe curhat sama bidannya. Tapi kata mereka itu gapapa ko, selama pembukaannya nambah, emang pada beberapa orang ada yang ga ngerasain mules kaya aku.

15 Maret 2018 (09.00)
Di cek VT lagi, dan ternyata udah pembukaan 5, aku langsung dipindahkan ke ruang bersalin. Saat itu salah satu bidannya bawain kursi roda, tapi yang terjadi adalaaaaahhhh aku jalan kaki gitu aja ke ruang bersalin, menolak diboyong pake kursi roda.

15 Maret 2018 (11.00)
Di cek VT lagi, pembukaan 6. Aku disarankan buang air kecil dulu, supaya kepala bayi lebih cepet turun. Dan saat itu air ketubanku belum rembes dan belum pecah sama sekali. Awalnya mau dipasangin kateter, tapi aku nolak karna aku kekeuh mau ke kamar mandi aja karena aku amsih sangat mampu berdiri dan berjalan. Akhirnya diijinin dengan syarat harus ditemenin suami dan pintunya gaboleh dikunci.

15 Maret 2018 (11.30)
Di cek VT lagi pembukaan 7. Saat itu aku baru ngerasain sakit, tapi tetep ga mules. Miss V berasa agak panas, karena bayiku maksa ngedorong terus, tapi ketubanku belum juga pecah, jadi kaya diteken-teken gitu loh. Aku sempet jerit-jerit beberapa waktu, sampe akhirnya dr.Wisnu dateng dan mecahin ketubanku secara manual.
Tau ga rasanya pas ketuban pecah gimana? legaaaa...angeeetttt..rasa sakitnya pun perlahan ilang.

Aku langsung bilang ke dr.Wisnu,
"saya kapan lahiran dok?"
"Ini sekarang bu" (sambil pake baju khusus)
Waduuhhh gaswat, bakal diapain nih karna ga berasa mules
"Tapi saya ga mules dok"
Perutku dielus-elus "Ini kontraksi bu namanya, kenceng-kenceng begini"

Karena aku ga mules, jadilah awalnya aku ngeden ngikutin instruksi dr.Wisnu, sambil dia pegangin perut aku, pas kenceng aku disuruh ngeden.
Kebayang ga sih BAB tanpa mules gimana?
Akhirnya lama-lama aku bisa ngontrol sendiri, pokoknya kalo udah berasa rada keram aku ngeden.
Kalau orang lain,suaminya sampe dijambak dicakar, aku sama sekali ga ngelakuin itu ke suamiku. Yang ada dia aku suruh diem pas lagi nyemangatin. Karena aku lagi fokus ikutin instruksinya dokter Wisnu yang nyuruh aku melek melulu. Maafkan ya sayang..hehehe
Aku sempet takjub sama chemistry aku dan dr.Wisnu, oalaahh. Soalnya aku gapernah bilang mau lahirannya posisi duduk (posisi yang selama ini aku rencanakan), tapi tetiba sebelum proses dimulai, posisiku yang tadinya rebahan dibikin duduk tanpa aku minta. Amazing!

15 Maret 2018 (12.00)
Dan hanya sekitar 10 menitan sejak ngeden pertama, lahirlah Aurora, bayi mungil nan cantik.
Big thanks to dr.Wisnu, tenang banget, ga bikin panik, aku sama sekali ga ngerasain dirobek dan dijait. Pokoknya ga berasa apa-apa deh. TOP!
Masyaallah.. Cantiknya anakku. Alisnya udah nongol aja, rambutnya lebat.

Setelah Aurora lahir, aku langsung menjalani proses IMD, dimana bayi ditengkurapkan di atas dadaku untuk melatih mencari puting ibunya. Alhamdulillah ASIku sudah keluar sejak hamil 7 bulan, jadi aku ga ngalamin cerita asi ga keluar dll.
Tapi dilain waktu aku akan cerita mengenai drama mengASIhi karena ternyata aku Flat Nipple/ Puting Datar sehingga menyulitkan bayi menghisap. Tapi bersyukur banget, disamping drama Flat Nipple dan Aurora sempat kuning (jaundice), sampai detik ini Aurora masih full ASI, belum terkena sufor sama sekali. Yang mana semuanya bisa terjadi karena ilmu dan support dari sekitar.

Dan kalau ditanya gimana rasanya punya anak? wahhh.. bener-bener gabisa diungkapkan kata-kata deh. Kata bahagia aja ga cukup buat ngungkapinnya, apalagi liat perkembangan Aurora yang makin hari makin lucu, obat dari segala capek dan lelah.

Informasi Kamar Rawat Inap - Deluxe RS.Sari Asih Ciledug
Aku menempati kamar Deluxe 312 di lantai 3, yang mana dekat sekali dengan ruang bersalin, jadi kalau ada apa-apa gampang banget ngehubungin tenaga kesehatannya.
Kamar Deluxe ini adalah kamar pribadi dengan fasilitas yang cukup lengkap, jadi tidak ada pasien lain. Aku bener-bener berterimakasih banget sama suamiku, mungkin kalo bukan difasilitasi kamar ini, aku ga akan sebegininya menikmati persalinanku (kebayang dong samping-sampingan sama ibu lain yang kontraksi juga, apalagi kalau ditambah ibunya itu panikan atau tipe yang suka jerit-jerit).

Fasilitas :
1 Bed Elektrik
AC
TV
Kulkas
Dispenser
Ruang tamu dengan sofa
Kamar mandi dengan water heater
Lemari untuk baju
Lemari untuk barang-barang
Laci locker
Meja disamping tempat tidur
Wastafle
Rak sepatu

Fasilitas lain :
Makan 3x sehari (suer makananannya enak banget, sampe abissss melulu), dan bisa request ya, sehari sebelumnya aku isi form gitu (berasa banget di hotel) ada main course, juice dll
Snack 2x sehari (ini juga enyaakkk dan banyak)
Buah-buahan 1 keranjang/hari (jadi kalo nginep 3 hari ya dapet 3 keranjang) dan ini bener-bener banyak, kaya apel 4, pir 3, pisang, dll dll

Aku lupa banget buat foto-fotoin kamarnya, ga kepikiran sama sekali. Tapi beginilah kira-kira kamarnya. Buat aku segini cukup luas banget, berasanya nyaman. Disamping tempat tidur full jendela dan matahari langsung masuk kalo pagi. Seger deh pokoknya





Q & A
Harganya gimana?
kalo mau tau pastinya, email aku aja ya. Tapi yang jelas lebih murah dari harga Jakarta. Lahiran kelas 1 di RS Jakarta, udah bisa dapet kamar VIP/Deluxe disini.

Pelayanannya gimana?
RAMAH, BAIK, SABAR, PENUH SENYUM. Aku aja sampe kangen sama mereka...unch unch
Ini RS Swasta yang Islami. Tiap pagi doa bersama, Pasca lahiran langsung didatengin ustadzah buat siraman rohani. Aku aja ga nyangka dengan biaya segitu, tapi fasilitasnya juara.

Gimana caranya bisa lahiran gentle? minim trauma, tanpa rasa sakit?
Maksudnya rasa sakit disini bukan yang ga sakit sama sekali ya, tapi sekalipun sakit kita masih bisa handle, atur nafas, tetep tenang, pokoknya jadi ga berasa deh sakitnya.
Mungkin ini karena aku rajin Yoga (aku yoga di Klinik Bamed betewe) yang kebetulan disitu ada hypnobirthingnya juga di sesi terakhir. Sering belajar atur nafas, sering ngelakuin gerakan yang buka panggul, jadi menurut aku selain doa dan karunia Allah, aku bisa lahiran selancar itu juga karena Yoga hamil.
Selain itu dari awal hamil aku rajin banget cari ilmu, baca-baca tiap hari, jadi pas ngerasain ini itu aku ga panik karena udah tau duluan nantinya bakal begini bakal begitu.
Dan sejauh ini terbukti, temen-temen aku yang Yoga hamil juga ditempat lain, bisa lahiran dengan lancar dibanding yang selama hamilnya ga ngapa-ngapain, let's say buat jalan aja males, buat cari ilmu aja nanti-nanti.
Kalo kata @bidankita KNOWLEDGE IS POWER

Ko bisa nebak tanggal lahirnya Aurora?
Seperti aku bilang, kalo aku ceritain mungkin ada yang ga percaya, sampai kalian merasakan sendiri. Di aku, HYPNOBIRTHING itu NGARUH BANGET. Pertama kali hypnobirthing aku ga sadar netesin air mata, begitu buka mata tau-tau basah. Berasa banget Aurora ada didepan aku, ngomong sama aku. Bukan cuma bisa komunikasi sama Aurora, aku juga kaya bisa komunikasi sama tubuhku, plasenta, ari-ari, rahim. Aurora ngasih sinyal sama aku dia akan lahir hari kamis, tanggal 15 maret.
Komunikasi ini bukan kaya ngobrol biasa ya, tapi lebih ke apa yang Aurora sampein langsung masuk hati aku, tertanam disitu.

Se-magic itukah Hypnobirthing?
IYA! BANGET!
Dari trimester 2, Aurora udah dinyatakan kegendutan, sampe aku harus tes gula dll, tapi semuanya normal. Darisitu tiap hari aku hypnobirthing (diluar jam yoga), dan ngefeknya kalo lagi sendirian (ga ada suami). Aku sampein buat lahiran di 38 Minggu aja, beratnya 3Kg aja. Tapi aku balikin lagi ke Aurora nyamannya dia gimana. Aku bener-bener terkoneksi sama janinku.
Di kontrol terakhir itu, berat Aurora udah 3kg loh. Aku juga sempet diet karbo dan gula.
Dan Voila.. AURORA LAHIR TEPAT DI USIA KANDUNGAN 38 MINGGU, DENGAN BERAT TEPAT 3KG.
 AJAIB? Saya sendiri aja mungkin ga percaya kalo ga ngalamin langsung.
Malah temenku yang Instruktur Yoga & Praktisi Hypnobirthingnya lebih canggih lagi, bisa tau loh kalo janinnya itu abis makan semangka. Temenku sampe heran dibuatnya, dia bilang "kemarin abis makan semangka ya? kata mas bayik nya seger" WOW

Buku apa aja yang dibaca selama hamil?
1. Bebas takut hamil & melahirkan - Bidan Yessie (@bidankita)
2. AYAH ASI (Suami yang ga suka bacapun, sukses jadi Ayah ASI setelah tamatin buku ini. Nanti aku ceritain di part khusus, mungkin kalau bukan karna ilmu darisini, suamiku udah beliin sufor pas Aurora gamau nen Bundanya karena Flat Nipple, ASIku mengucur sampe sekarangpun karena supportnya)
3. The Pregnancy & Baby Book
4. Selebihnya baca-baca online dan konsultasi sama dokter.

Kenapa aku tertarik banget belajar ini itu saat hamil? ga dibiarkan mengalir dan woles aja?
Sekali lagi, knowledge is power! Aku adalah calon ibu yang akan jadi madrasah pertama, dokter pertama, dan google buat anakku. Kalau aku males belajar, males tambah ilmu, males memberdayakan diri. Lalu dengan cara apakah anakku nanti akan aku didik?

Dan sekaligus aku pengen buktiin sama masyarakat, insyaallah rasa sakit melahirkan bisa dinikmati jika saja kamu mau memberdayakan diri. Kerena semua temen-temenku rata-rata trauma sama melahirkan.

Jadi itulah pengalaman melahirkan aku yang sama sekali ga ada traumanya, malah kalo aja ga inget anak perlu dirawat, dan diurus dengan sebaiknya, aku pengen langsung nambah lagi...hehehe.. saking proses melahirkan terasa menyenangkan.
Tapi saat ini, cukuplah seorang Aurora buatku. Semoga Allah selalu memberikan kesehatan, dan kesempatan agar aku bisa mendidik anakku dengan baik..aamiin :)

Maaf ya kalo aku nulis ceritanya terkesan singkat dan terburu-buru, maklum udah makemak banyak yang harus diurus..hahaha

Semoga dilain kesempatan aku bisa ngetik dan sharing lagi. Aku flat nipple, tapi berhasil menyusui sampai hari ini. Aurora kuning (karna beda golongan darah ibu anak dan breastmilk jaundice), tapi berhasil hilang dalam waktu 2,5bulan tanpa diujicoba pake sufor. Ciao!

Terimakasih tak terhinggaku buat support system yang menakjubkan
- Suami
- Mertua
- Orangtua
- Kaka iparku Diana Putri yang udah minjemin bukunya, dan sering jadi tempat aku nanya ini dan itu
- Keluarga
- Dokter Wisnu Setyawan
- Tim Bidan RS Sari Asih Ciledug
- dll

17 comments:

  1. mba, kalau boleh tau buku ayah asi nya beli dimana ya? dan untuk yoga hamil di klinik bamed daerah mana? makasih ya

    ReplyDelete
  2. Di Marketplace kayaknya banyak mba. Atau coba cari di carousell, beberapa ada yang jual bekas. Silahkan hubungi ig nya langsung saja di @id_ayahasi

    ReplyDelete
  3. Boleh info mba biaya VIP di RS Sari Asih Ciledug? Karena rencana bulan depan saya lahiran disana juga tlg email ke putrisetyati.hasanah@gmail.com ya mba. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya aku baru aktif blog lagi. aku jawab biar dibaca yang lain juga. Untuk harga setiap tahun sepertinya ada perubahan, saat itu 2018 aku pakai asuransi. tapi harga normalnya seingatku sekitar 10-12juta sudah VIP + aku nambah 1 malam. di RS lain daerah ajkarta segini tuh dapet kelas 2

      Delete
  4. Info juga dong mba untuk biayanya tlong email ke ratuintan443@ymail.com

    ReplyDelete
  5. Kak boleh tau harga lahiram di rs sari asih ciledug gak ya? Email saya surisurdiah@gmail.com :)

    ReplyDelete
  6. Hai ka, salam kenal,, boleh info procelist biaya melahirkan di RS asih Ciledug yg deluxe kah? Dan kalo boleh tau dsana bisa pake asuransi Lippo ga ya??
    Mohon infonya bisa email ke rinna.anggraini90@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Kak mau rinciran biaya RS nya yaa.. email @rahmawati.eviii@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya aku baru aktif blog lagi. aku jawab biar dibaca yang lain juga. Untuk harga setiap tahun sepertinya ada perubahan, saat itu 2018 aku pakai asuransi. tapi harga normalnya seingatku sekitar 10-12juta sudah VIP + aku nambah 1 malam. di RS lain daerah ajkarta segini tuh dapet kelas 2

      Delete
  8. mba boleh dong minta rincian biaya persalinanya dengan kamar deluxe karena rencana lahiaran di sana juga
    donny2424@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya aku baru aktif blog lagi. aku jawab biar dibaca yang lain juga. Untuk harga setiap tahun sepertinya ada perubahan, saat itu 2018 aku pakai asuransi. tapi harga normalnya seingatku sekitar 10-12juta sudah VIP + aku nambah 1 malam. di RS lain daerah ajkarta segini tuh dapet kelas 2

      Delete
  9. hi kak salam kenal, boleh diemail jg kah ke diansepti224@gmail.com untuk biaya persalinan di RS Sari Asih, sebelum nya terimakasih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya aku baru aktif blog lagi. aku jawab biar dibaca yang lain juga. Untuk harga setiap tahun sepertinya ada perubahan, saat itu 2018 aku pakai asuransi. tapi harga normalnya seingatku sekitar 10-12juta sudah VIP + aku nambah 1 malam. di RS lain daerah ajkarta segini tuh dapet kelas 2

      Delete
  10. kak boleh email rincian harganya ke sorayalidiacahyani@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya aku baru aktif blog lagi. aku jawab biar dibaca yang lain juga. Untuk harga setiap tahun sepertinya ada perubahan, saat itu 2018 aku pakai asuransi. tapi harga normalnya seingatku sekitar 10-12juta sudah VIP + aku nambah 1 malam. di RS lain daerah ajkarta segini tuh dapet kelas 2

      Delete

 

Melinda Pujiyanti Template by Melinda Personal Blog