Tuesday, November 7, 2017

Program Kehamilan dr. Wisnu Setiawan (RS.Sari Asih Ciledug)

Sebelum aku cerita soal kehamilanku, baiknya aku cerita dulu gimana awalnya aku hamil.
Sekarang kehamilanku sudah memasuki 19 minggu, 4 bulan lebih atau hampir genap 5bulan. Selama itu pula aku jarang ngeblog karena ga kuat sama morning sicknessnya. Dan baru sekarang merasa segar bugar dan bahagia bukan main..hehehe..

Dari awal kita menikah, kita emang pengennya berduaan dulu aja. Gamau buru-buru punya anak, mau puas-puasin pacaran setelah nikah, pulang malem, jalan-jalan seharian penuh. Jadi kalo ada yang nanya soal kehamilan, masih bisa kita hadapi dengan santai. Aku juga udah cerita di postingan sebelumnya (baca disini) kalo aku ga pake KB atau alat kontrasepsi lainnya, kita murni menyerahkan semuanya sama Allah. Dan yakin kalau Allah akan memberikan diwaktu yang tepat. Dikasih cepet atau ditunda dulu rezeki anaknya kita tetep bersyukur.

Tapi lama-lama secara alami kita berdua mulai merindukan momongan, apalagi pas ponakan kembar lahir awal maret dimana usia pernikahan kita saat itu menginjak 4bulan, suami sering banget bilang mau punya bayi sendiri, kangen banget sama kembar, dan bawaannya mau nyamperin kembar terus (sebagai istri aku haru liat sisi kebapakannya mulai muncul).
Darisitu kita mulai niatin buat punya bayi, aku juga mulai downloadin aplikasi penghitung masa subur dan sebagainya. Tapi tetep ngejalanin dengan santai sih.

Sampai akhirnya di usia pernikahan 6 bulan, kita kaya sama-sama diketemuin sama orang-orang yang punya/pernah punya masalah soal kehamilan.
X : Udah isi mel?
Y : Belom mas
X : Udah coba kedokter?
Y : Belom juga mas, lagian kita masih santai lah mau berduaan dulu :)
X : Ya gapapa kalo masih mau santai, tapi ada baiknya coba sambil periksa ke dokter. Bukan buat buru-buru punya, tapi buat cek aja. Soalnya dulu gue nikah 6 bulan istri ga hamil-hamil langsung kedokter, ternyata ada kelengketan rahim, dan itu harus diterapi dulu. Abis terapi langsung deh hamil.
Y : Ohhh gitu (dalam hati ngerasa ngeri juga) jadi seengganya antisipasi ya mas, kalopun ada apa-apa bisa cepet diobatin dan ga buang-buang waktu.
Pulang kerja, aku langsung ceritain ke suami soal obrolan hari ini sama teknisi yang kebetulan lagi maintenance ke kantor. Dan ternyata suamipun punya cerita yang sama
X : Temenku juga barusan ada yang posting ay, dia curhat gitu sampai setaun kedepan katanya belum bisa hamil karna keputihan, tapi lagi dalam pengobatan ko
Y : Duh..kasian ya..jadi sedih ngebayanginnya :'(
Memasuki bulan ke-7 pernikahan, dimana waktu itu pas Ramadhan, aku sempet nangis pas haid. Karna takut bermasalah, takut gabisa hamil, takut gabisa bahagiain suami dll. Pokoknya jadi insecure sendiri, padahal suamiku biasa aja. Malah suami nyemangatin dan nenangin aku banget :)
"Allah masih ngasih kita kesempatan berduaan, apalagi ini ramadhan pertama kita, harus kita nikmatin banget. Kalo kamu hamil kamu gabisa masakin aku karna mual-mual dan capek. Kamu juga belom tentu kuat puasa, kita jadi gabisa buka sama sahur bareng"

Darisitu kita putusin buat ke dokter kandungan setelah lebaran. Mumpung sama-sama punya libur panjang, sama-sama lagi tenang dan ga stress sama kerjaan. Aku mulai cari-cari rumah sakit dan dokter kandungan yang punya review bagus. Sampai akhirnya aku memutuskan pilih RS. Sari Asih Ciledug dengan Obgyn dr.Wisnu Setiawan (monggo di browsing soal rekam jejak beliau). Dan langsung buat janji untuk tanggal 29 Juni 2017

Kenapa RS. Sari Asih Ciledug?
Karna jaraknya cuma 5 KM dari tempat tinggalku, ada sih RS. Puri Indah yang tinggal ngedip doang nyampe, tapi sepertinya aku tak kuat ngebayangin biayanya. Jadi setelah menimbang-nimbang, Sari Asihlah yang terdekat. Jaga-jaga terjadi apa-apa, aku masih bisa berangkat sendiri atau naik taksi online dengan jarak tempuh cuma sekitar 15menit.
Selain itu, termasuk salah satu RS yang mengcover asuransi suamiku.

Kenapa dr.Wisnu Setiawan?
Ini bukan karna nama belakangnya sama kaya suamiku ya..hehehe
Setelah aku baca sini sana, dokter inilah yang paling direkomendasikan. Dokter ini pula yang antriannya paling panjaaaaaaaanggggggggggg. Kalo cuma booking 1hari sebelumnya, cuma bakal isep jari doang alias ga kebagian antrian. Jadi kalau mau periksa sama beliau booking dari seminggu sebelumnya dulu yah. Dokter yang jam praktiknya cuma dari jam 5sore - 8malam, tapi bersedia melayani pasiennya sampai tengah malam. Luar biasaaaaaa.
Suamikupun mengijinkan aku buat diperiksa ke dokter cowok apalagi kalau memang beneran bagus (tapi sejauh ini belum pernah diperiksa bagian intim).
dr. Wisnu praktek di hari selasa, kamis dan sabtu. Pas banget sama jadwalku karna kebetulan aku cari dokter kandungan yang praktek hari sabtu. Gakuat capeknya kalau harus check up pas weekday.

29 Juni 2017 - The Day
Hari itu kita bahagia banget sekaligus cemas dan malu. Bahagia karna mau ikhtiar menjemput rezeki Allah, cemas takut terjadi sesuatu yang engga-engga, dan malu karna kita ngerasa muka kita berdua masih bocah banget. Mungkin kalo kita jalan berdua masih jarang banget yang anggep kita udah nikah, saking suami istri sikapnya masih petakilan berhaha hihi.

X : Nanti kamu mau tanya apa aja ke dokter? terus apa yang kamu khawatirin?
Y : ......
1. Aku mau tau jadwal masa suburku, karna dari sekian aplikasi yang aku download hasilnya beda-beda. Jadi aku bingung yang bener menurut ilmu kedokteran itu yang mana. Padahal selama ini kita rutin berhubungan, udah ngikutin sesuai kalender di aplikasi juga. Tapi ko ga jadi jadi sih?
2. Aku takut ternyata rahim aku kenapa-kenapa. Takut myom, takut kista, takut kelengketan rahim. Soalnya kalo dapet kan suka sakit juga. (yang lebih parah sih sampe ketakutan gapunya rahim..huhu). Tapi aku yakin ga keputihan, kalopun lagi keluar keputihan, itu masih hitungan normal.
3. Aku juga mau tanya, kamu kan gasuka sayur, kira-kira pengaruh ga sama kesuburan. Dan boleh ga kalo aku kasih multivitamin dari sayuran kaya vegeblend dsb.

Aku terdaftar dengan No. Urut 28. Dateng dari setelah magrib dan baru dipanggil jam 9an. Dokter Wisnu ini tipe dokter yang informatif dan edukatif banget. Semua pertanyaan pasien akan dijawab dan ga diburu-buru, Makanya 1 pasien aja bisa lama bangetttt.
Sambil nunggu, kita makan malem, terus keliling-keliling RS. Aku sih udah jatuh cinta sama RSnya karna sangat PRO IMD. Padahal ini RS umum, tapi kaya RSIA, dimana-mana dipajang poster soal pentingnya IMD (inisiasi menyusui dini) setelah melahirkan.

Dont be panic ya buibu kalo setelah mehirkan ASInya ga langsung keluar. Dan jangan mau dibodohi sama suster yang bilang bayi kita kehausan karna ASI belum keluar. Jadi kita dipaksa menyetujui pemberian sufor. Sampai 72jam setelah dilahirkan, insyaallah bayi kita masih aman, kecuali dalam kondisi tertentu. 


Nah inilah yang disebut IMD (Inisiasi Menyusui Dini), bayi akan langsung ditempelkan ke dada ibu sesaat setelah dilahirkan. Bayi juga akan belajar mencari puting ibu dan mengenali bau ibunya.

So far, aku merasa nyaman dengan RS ini. Selain Pro IMD, tempat shalat mudah, suasananya islami (pegawai wanita semua mengenakan hijab), lingkungannya juga bersih banget, di lantai ga ada berceceran sampah atau kotoran bekas minuman/makanan yang tumpah. Dan yang paling bikin nyaman sih, ga terlalu ramai orang hilir mudik mondar mandir sana sini. Entah kenapa, aku merasa nyaman, aman dan diperhatikan disini.
.....

Dan tibalah saatnya aku dan suami dipanggil ke ruangan dokter. Kita utarakan maksud dan tujuan kita dateng. Dan reaksi dokternya adalah "Oalaaahhhh baru 8 bulan nikah,tenang aja baru 8 bulan mah. Kirain udah 3tahun, 4 tahun".
Dokter Wisnu ini bener-bener baik dan nenangin banget, aku kaya ngerasa lagi di emong dan dinasehatin orang tua sendiri. Beneran ga buru-buru konsultasi & meriksanya. Rahimku diperiksa pake alat USG, dan Alhamdulillah hasilnya normal dan ukuran rahim pun normal, tidak ditemukan kista atau semacamnya. Jadi tidak ditemukan adanya masalah pada rahim. Dengernya super happy banget.
"Kalo mau lebih jelas pake alat ini (alat transvaginal, dan pemeriksaannya alat tersebut dimasukan ke miss.v kita) bisa kelihatan besar sel telurnya normal atau tidak. Tapi kalo nanti juga gapapa"
"Nanti aja ya dok, kalo pas cek lagi dan belum hamil juga. Baru kita lihat sel telurnya"
"Insyaallah bulan depan udah hamil ya bu" (masyaallah nenangin terus).
....
Sesi Q & A with dr.Wisnu
X : Aku & Suami
Y : dr.Wisnu


X : Dok, saya mau tau masa subur saya. Itu hitungannya gimana ya dok?
Y : Kamu gausah pusing sama itungan, berhubungan aja rutin 2-3hari sekali.
X : Udah dok tapi ko ga jadi?
Y : Yaudah saya kasih itungannya ya. Kamu HPHT (hari pertama haid terakhir) kapan?
X : 21 Juni dok, sebelumnya 21 Mei, sebelumnya lagi 20 April (sambil liatin kalender HP. Aku termasuk rutin mencatat siklus haidku)
Y : Nah itu udah bagus siklusnya, 30 hari. Berhubungannya di hari ke 10,12,14,16 dan 17 dari HPHT. Berarti kalau 21 Juni, hari ke 10nya di 30 Juni, terus 2, 4, 6 dan 7 Juli.
X : (Wah besookk doongggg) Dok suami saya gasuka sayur, itu ngaruh ga?
Y : Ya makan dong!
X : Ya kan gabisa dipaksa dok
Y : Gapapa ko itu, ga masalah.
X : Kalo saya kasih multivitamin dari sayur kaya vegeblend boleh?
Y : Gausahlah, gaperlu yang kaya gitu, yang alami aja. Agar-agar aja bu, bagus itu seratnya. Saya resepin vitamin ya. Jangan khawatir bu, ini mah ga kenapa-kenapa, bulan depan juga udah isi.
X : Aamiin.. Bulan depan saya kesini lagi ya dok, udah hamil.
Itu cuma sebagian pertanyaan yang kita ajukan, sebenernya banyak banget. Tapi akhirnya semua yang bikin penasaran terjawab sudah.
Aku merasa sangat nyaman sama dokter wisnu, karna dari sekian banyak orang yang aku temuin, baru dokter wisnu yang bilang gapapa kalo suamiku ga suka sayur, ga makan sayur, ga terlalu berpengaruh juga sama kesuburan selama semuanya masih normal.
Kebayang dong, ketika kita gasuka sama sesuatu tapi dipaksa suruh makan itu. Ngebayanginnya aja udah stress, gimana beneran dimasukin ke mulut. Dan aku gamau itu terjadi sama suamiku. Kalaupun dia makan sayur, itu harus atas kemauannya sendiri, dan harus tetep happy dan nikmat saat makan.

Aku diresepkan asam folat "Folamil" dan "Ovacare". Asam folat memang harusnya dikonsumsi untuk yang sedang merencanakan dan mempersiapkan kehamilan karena manfaatnya banyak banget. Jadi nantinya rahim bisa lebih kuat saat terisi janin. Sedangkan Ovacare semacam obat untuk meningkatkan kualitas sel telur.
Resep itupun bisa untuk 3x tebus. Artinya aku baru boleh kontrol lagi jika setelah menghabiskan 3x resep namun tak kunjung hamil.

Biaya yang dikeluarkan untuk pemeriksaan dan obat-obatan adalah 700rb-an, tapi aku lupa tepatnya berapa. (elus-elus dompet suami, karna untuk program kehamilan gabisa pake asuransi)

Lalu kita jalankan saran-saran dokter. Berhubungan di tanggal yang ditentukan, tapi aku sempet parno karna ada 1 hari yang terlewatkan akibat sama-sama sibuk banget dan ga ketemu di hari itu. Saya rutin bikin agar-agar untuk suami juga. Segala macam rasa kita beli, buat liat mana yang paling disuka. Kita tetep jalanin dengan happy, saling support, saling nyemangatin, saling ngungkapin cinta. Sama-sama meyakinkan pasangan, apapun yang terjadi, kita bakal sama-sama terus.


Alhamdulillah.. setelah 3 minggu dari dokter.. hasil testpack ku menunjukan kalau aku positif hamil, bahkan disaat aku belum telat haid. Dan saat kembali check up ke dr.Wisnu, usia kandungannya sudah masuk 5 minggu :)
Ga berenti-berentinya ngucap syukur, ikhtiar kita bener2 di bales sama Allah dalam sekejap mata.

....
Oya ada yang ketinggalan, aku juga diberi surat pengantar untuk tes hematologi lengkap dan tes TORCH. Tapi karna keburu hamil, tesnya baru aku jalani setelah 5minggu positif hamil. Next akan aku bahas lebih lengkap mengenai pentingnya tes TORCH sebelum kehamilan atau saat kehamilan bagi Ibu dan janin.
Dokter Wisnu juga langsung ngasih No HPnya dibelakang surat pengantar, tanpa saya minta. Katanya "kalau ada yang mau ditanyakan hubungi saya ya bu, tapi mohon maaf kalo balesnya lama". Dan bener aja dari awal testpack positif sampe sekarang, saya sering gangguin beliau dan pasti dibalas. Jawabannya juga seperlunya tapi tetep jelas.
Salut sama beliau, ditengah-tengah kesibukannya dengan pasien yang segambreng, dia masuk kategori dokter yang tetap meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan2 pasiennya secara online. Apalagi calon Ibu baru, namanya hamil pertama pasti banyak cemas dan apa aja ditanyain. Dokter Wisnu selalu menanggapi pertanyaan pasiennya dengan serius.

52 comments:

  1. Mba boleh mnta nmr wa, sy jg promil k dr.wisnu.bisa berbagi infonya.tq

    ReplyDelete
  2. haloo.. boleh.. silahkan email aku ke melinda.pujiyanti@gmail.com ya
    nanti aku balas dengan nomor wa ku :)

    ReplyDelete
  3. Waah selamat yaa :) btw aku juga 6bln yg lalu baru aja melahirkan & ditanganin sm dr wisnu emang deh dr wisnu ini reccomended bgt apalagi beliau ini pro normal dan sabar bgt nunggu sampe bukaan lengkap! Aku dari awal tau hamil langsung periksa ke beliau & ga mau pindah2 obgyn lain karena aku sm suami udah jatuh hati bgt sm dr wisnu 😀

    ReplyDelete
  4. Sekali konsul untuk promil brp kira" mba.. Saya baru rncana mau periksa lg cari" review nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ake kemaren sekitar 700rb udah sama obat. kalau dr. nya aja cuma 120rb kalo ga salah

      Delete
    2. Mba kalau mau booking dokter wisnu gmn yh law melalui.online

      Delete
  5. Sekali konsul untuk promil brp kira" mba.. Saya baru rncana mau periksa lg cari" review nya?

    ReplyDelete
  6. Apakah dr. Wisnu msh praktek d sari asih ? Sebab saya lihat d booking online sdh tdk ada namanya 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokter wisnu sdh tdk di sari asih lg mba, 3x kontrol sm beliau masuk uk 4bln trnyata dia sdh ga praktek lg. Tp ttp stay di permata ibu kunciran

      Delete
  7. Selain di permata ibu, dr wisnu praktek di mana y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Just info, dr wisnu praktek di RSU tangersng kabupaten. Bisa ke paviliun nya (swastanya)

      Delete
    2. Di RSU tangerang kabupaten, bisa ke paviliun wijaya kusuma nya. Atau swastanya.

      Delete
    3. Swasta nya d mana ya mba,saya jg kepingin konsul

      Delete
  8. Biaya sekali check up kandungan sama dokter Wisnu di RS Permata Ibu brp yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya 400-500 mom. Dulu suka gantian kontrol antara sari asih sama permata ibu

      Delete
  9. wah mba saya dl anak pertama sm dr.wisnu dr jumat smp minggu ditungguin lahiran..skrg dia ga disari asih ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dokternya sabaarr bangett, baik, ngemong. Aku love dia bangett. Proses melahirkan aku sempurna deh pokoknya.

      Delete
  10. Hari Kamis nanti saya juga Caesar sama beliau. Karena hamil pertama juga Caesar & panggul sempit. Doain lancar ya bu ibuuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mom gimana udah lahirankah? lancar ya moommm

      Delete
    2. halo mom, di permata ibu dr wisnu ada di hari sabtu minggu ngga ya?

      Delete
    3. Senin, rabu dan jumat seingetku mom

      Delete
    4. Sabtu ada khusus pemegang asuransi

      Delete
  11. halo say, aku sedang hamil 3 bulan. selama ini selalu kontrol sama dokter wisnu juga. boleh minta nomor dokternya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan email aku ke melinda.pujiyanti@gmail.com ya, nanti aku balas dengan mencantumkan email dokter wisnu

      Delete
  12. Selmat malam mbaa
    Ini dr wisnu setyawan yg ada di morula ivf tangerang gk ya??
    Terima kasih seblumnya��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayaknya mba, dr Wisnu setyawan

      Delete
    2. Masyaallah mba, aku malah baru tau dr.wisnu sekarang di morula. Ya Allah bangga banget, dokter sebaik dan semumpuni itu makin naik daun dibidangnya..hahahha.. iya mba setelah aku cek itu dr.wisnu yang aku posting ini

      Delete
  13. Ada yang pernah promil dengan Dr Wisnu sampai tindakan.laparoskopi drilling ga? Tolong share dong, terima kasij

    ReplyDelete
  14. thn 2015 aku juga lahiran dg beliau, dokter yg super baik ramah tamah, sebelumnya pun saya promil dg beliau. skrg info nya udh ga di sari asih. pdhl pengen kontrol lagi sama dia.

    ReplyDelete
  15. apakah sampai sekarang dr wisnu masih ada?sy search di web nya sari asih gak ada,thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. SUdah tidak di sari asih mba, sekarang pindah ke RS permata Ibu dan Morula Tangerang

      Delete
  16. Sy promil sampe lahiran dg dokter wisnu di sari asih ciledug th 2014.
    Skrg sy lg nyari2 beliau lg untuk konsultasi. Mohon infonya dimna skrg beliau praktek, klo bs sy minta nomor hp nya. Makasii seblmnya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Rs permata ibu
      Dihari senin, rabu, jumat pukul 19-21

      Delete
  17. Saya sedang promil dengan dr. Wisnu di morula.. dokternya ngemong, baik, sabar banget menangani saya.. silakan dikontak di morula ivf tangerang, di RS. Bethsaida, bunda..

    ReplyDelete
  18. Bener bgt beliau mmg tau bgt, ngerti bgt dan recommended bgt deh, aku 2 kali Caesar sama beliau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai anak saya yg ke 3 saya kasih nama Wisnu saking gak bisa di utarakan deh

      Delete
    2. Masyaallah.. saking carenya ya mba

      Delete
  19. Bs minta nomer hp dokter wisnu bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sekali mom, dr.wisnu tidak berkenan di share nomornya jika belum konsul. silahkan menghubungi RS Permata Ibu atau Morula Tangerang ya

      Delete
  20. Kira2 ada yg tau ngga ya biaya teropong rahim di rs permata ibu? Sy jg pasien Dr Wisnu

    ReplyDelete
  21. Saya baru mulai konsultasi ttg promil sama dr Wisnu dan org nya super baik dan ramah dan penjelasan nya detail dan memberi solusi dan support utk pasien...semoga ikhtiar nya berhasil melalui dr Wisnu..amin

    ReplyDelete
  22. hallo apakah dr wisnu masih praktek di rs sari asih ciledug ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah tidak mba, sekarang di RS permata Ibu tangeran dan morula tangerang

      Delete
  23. Biaya konsul untuk promil pemula berapa y ke dokter Wisnu?

    ReplyDelete
  24. Ihg aamaaa aku juga anak 1 dan 2 lahiran sc sama dr wisnu.hamil ke 3 tau2 dia ga disari asih lagi...ak baca pelayanan di rs yg dia sekarang kurang recomwnded tapi ak udah gabisa kelain hati .bismillah aja deh swmoga lahiran nnti lancar seperti anak ke 1 dan ke 2 pas sama dr wisnu aamiin

    ReplyDelete
  25. Kira" berapa ya biaya konsul promil ke dr.wisnu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab. Sy awal promil ke dr wisnu konsul +vitamin sekitar 1 jt an. Dan langsung buat janji untuk mengikuti beberapa tes untuk mengetahui kondisi dlm rahim. Ada sekitar 3 tes dan 1 tes analisa sperma

      Delete
    2. Mengikuti beberapa tes untuk mengetahui kondisi rahim di bulan itu juga atau dibulan berikutnya waktu mba awal promil dengan dokter wisnu.
      Awal promil budget nya gede banget ya mba..
      Bisa pake bpjs ga mba?

      Delete
    3. Mb gmn program ny dgn dr wisnu? BerhasilkH?

      Delete

 

Melinda Pujiyanti Template by Melinda Personal Blog