Saturday, December 2, 2017

Kontrol Kehamilan 1 (4W 5D)

Sabtu, 29 Juli 2017
Hari ini adalah hari yang sangat amat kita tunggu-tunggu. Selama 10 hari sejak testpack positif, udah nahan-nahan sabar banget buat liat janin di USG. Kita kebagian no antrian 22, setelah daftar online dulu beberapa hari sebelumnya. Biasanya aku daftar via website di  https://www.sariasih.com/

Anehnya sampai hari itu aku sama sekali belom ngerasain mual, atau muntah dan gejala morning sickness lainnya. Masih bisa nyombong banget dengan makan banyak sambil ngomong "ko aku ga mual ya?", tapi di satu sisi khawatir juga karna katanya mual muntah itu salah satu ciri janin sehat dan berkembang. Aku parno banget kalau janinku ga berkembang :'(
Kerjaanku sejak saat itu cuma browsing, cari info, banyak cari tau, banyak nanya. Karna pada kasus beberapa orang, mual muntahnya terjadi bahkan sejak pertama kali telat haid.

Sampai akhirnya, setelah menunggu lamaa.. lamaaa sekalii..tibalah aku dipanggil ke ruangan.
Dokter Wisnu sama sekali ga nanyain atau minta diliatin hasil testpackku, padahal aku udah bawa..hahaha. Ditambah lagi aku sedari tadi udah nahan pipis, takut disuruh ulang testpack lagi.
Ternyata Dokter Wisnu langsung nyuruh aku diperiksa pake alat USG aja.


Hasil USG, kantung janin sudah terlihat

Hasilnya kaya diatas itu, cuma ada kantung janinnya aja atau Gestational SAC sebesar 10mm. Usia kandungan 4W 5D. Alhamdulillah..
Liat juga deh jam aku di USG, 22.27 WIB. WOW!! Nunggunya dari jam 7 loh itu. Udah sampe bosen cari makanan, baca buku, ngobrol-ngobrol. Tapi yang aku salutin ya dedikasinya, padahal jadwal praktek Dokter Wisnu cuma sampe jam 8 Malem, tapi karna tiap pasien ga diburu-buru, aku membuktikan sendiri diperiksa jam 22.27 pun masih dilayani dengan sangat sangat sangat baik.

Info yang aku baca dan sepengalaman temen-temenku, biasanya kalau baru keliatan kantung janin disuruh balik lagi 2 minggu kemudian. Karna dikhawatirkan ada kehamilan BO (Blighted Ovum) atau hamil kosong, atau janin tumbuh diluar rahim. Atau dipaksa pake alat transvaginal karena konon katanya hasilnya akan lebih jelas terlihat.

Tapi Alhamdulillah, Dokter kesayangan aku ini sekali lagi sangat menenangkan aku.
X : Mana dok dedenya? (padahal dalem hati pengen nangis karna janinnya ga keliatan)
Y : Ada nih bu, masih kecil, kecil banget. Baru juga 4minggu. Ini udah ada kantungnya. Alhamdulillah selamat ya bu. Insyaallah bulan depan udah keliatan ya janinnya. 
Cara beliau bilang "Insyaallah bulan depan udah keliatan ya janinnya" bener-bener adem, gapake becanda, kaya sambil didoain dan bikin orang yakin.
Tapi tetep sampe rumah ga berenti berdoa, di satu sisi bersyukur banget dikasih kepercayaan ini, disatu sisi masih khawatir karna janin belom keliatan, ditambah aku ga mual-mual sama sekali.

Setelah sesi periksa selesai, tibalah saatnya sesi tanya jawab.
X : Dok, boleh berhubungan ga?
Y : Boleh bu, pak, apalagi kalau ga ada flek. Insyaallah aman
X : Makanan yang ga boleh apa aja dok?
Y : Kerang, makanan mentah, dan makanan setengah mateng. 
Aku sampe lupa waktu itu tanya-tanya apa aja sama suami, pokoknya banyak banget deh. Yang aku masih inget cuma 2 pertanyaan itu...hahahahha :D

Kalo suamiku lebih tanya-tanya soal cek Rubella dan Torch, karena khawatir banget. Apalagi pemberitaan di media lagi marak-maraknya. Aku langsung di rekomendasikan untuk segera cek TORCH, karena pas program kemaren belom sempet, keburu hamil duluan. Dibuatin ulang lah surat pengantar untuk tes Hematologi lengkap, HBSag, Glukosa sewaktu, Toksoplasma dan Rubella.

Dokter Wisnu ga berenti-berenti ngucapin selamet, bahkan sampe kita udah pamit dan udah diluar ruangan.. duh senangnyaaaa.

Aku diresepkan asam folat Folamil Gold. Dan yang lebih bikin happy, ga seperti waktu program kehamilan, kali ini semua biayanya di cover asuransi.. Cihuuyyyy.. Alhamdulillah.
Ternyata ke Dokter ga pake bayar itu bisa sangat menyenangkan hati :) Lumayan kan dananya bisa dialokasikan untuk beli susu dan buah-buahan sebagai tambahan nutrisi buat calon bayi.

No comments:

Post a Comment

 

Melinda Pujiyanti Template by Melinda Personal Blog